Bukan Diremas Pakai Garam, Begini Cara Mudah Hilangkan Rasa Pahit Pada Pare Sebelum Diolah

Bukan Diremas Pakai Garam, Begini Cara Mudah Hilangkan Rasa Pahit Pada Pare Sebelum Diolah

Bukan Diremas Pakai Garam, Begini Cara Mudah Hilangkan Rasa Pahit Pada Pare Sebelum Diolah--

RADARUTARA.ID - Sebenarnya, ciri khas pare yaitu rasa pahitnya. Meskipun begitu, banyak orang tetap memakan sayuran hijau ini. Ada yang menikmati rasa pahit dari pare ini, sedangkan yang lain mengonsumsinya demi memperoleh manfaat untuk kesehatan, hingga mendapatkan vitamin atau nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Pare memang mempunyai banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Dalam sayur pare mengandung nutrisi penting mulai dari zat besi, magnesium, potasium, vitamin C, hingga vitamin A. Nutrisi-nutrisi tersebut dapat berperan dalam menjaga kesehatan saraf, mengatur gula darah, dan bahkan bisa mengurangi risiko pembentukan batu ginjal.

Meskipun begitu, banyak orang yang tidak ingin mengonsumsi pare karena rasa pahitnya yang cukup kuat. Namun, rasa pahit pada pare sesungguhnya bisa diminimalkan melalui pengolahan yang tepat. Ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk mengurangi rasa pahit pada pare ini.

BACA JUGA:Ingin Sekolah di SMA Taruna Nusantara 2024? Cek Dulu Biayanya Sebelum Daftar!

Salah satu akun TikTok, @trihartatiiii, mencoba cara berbeda untuk mengatasi rasa pahit pada pare ini. Melalui videonya tersebut, ia mengklaim bahwa cara yang digunakan lebih efektif dibanding merendam pare dengan garam. Dalam teknik yang dipakainya, pengguna TikTok tersebut memanfaatkan dua bahan yang ada di dapur. Ini dia langkah-langkahnya:

1. Memanfaatkan 2 bahan dapur yakni asam jawa dan daun jambu biji. Pare diolah dengan cara direbus berbarengan dengan kedua bahan tersebut. Manfaat asam jawa dan daun jambu biji bisa membantu menghilangkan getah yang menjadi penyebab rasa pahit pada pare. Dengan begitu, proses merebus pare diharapkan bisa secara signifikan mengurangi rasa pahitnya.

2. Untuk langkah berikutnya, siapkan pare dengan jumlah yang cukup. Lalu potong sesuai dengan kebutuhan, tergantung pada jenis masakan yang ingin dibuat. Lalu, lakukan pencabutan dan pembuangan bagian dalam pare sampai bersih.

BACA JUGA:Berburu Jajanan di Taman Remaja Bengkulu, Cocok untuk Nyantai Sore Bawa Keluarga

3. Selanjutnya, panaskan air dalam panci sampai mencapai titik didih. Kemudian, tambahkan beberapa keping asam jawa dan 5 lembar daun jambu biji. Aduk rata dan rebus sampai asam jawa larut dan daun menjadi layu.

Lalu, masukkan potongan pare yang sudah dipersiapkan dan dibersihkan sebelumnya. Rebus pare sekitar 10 menit saja. Jika sudah matang, angkat dan tiriskan. Untuk hasil yang lebih optimal, sebaiknya bilas kemlagi di bawah air mengalir supaya pare lebih bersih dari getah dan rasanya tidak terlalu pahit.

4. Pare yang telah dimasak bisa cepat diolah. Selain dipakai sebagai bahan untuk siomay, pare juga bisa dinikmati secara langsung sebagai lalapan. Atau bahkan bisa ditumis dengan bermacam bumbu supaya rasanya semakin lezat. Dengan menghilang rasa pahitnya, pare bisa menjadi lebih nikmat untuk disantap.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: