Apakah Boleh Hanya Puasa Senin-Kamis di Bulan Syaban? Intip Jawabannya di Sini

Apakah Boleh Hanya Puasa Senin-Kamis di Bulan Syaban? Intip Jawabannya di Sini

Apakah Boleh Hanya Puasa Senin-Kamis di Bulan Syaban? Intip Jawabannya Disini--

RADARUTARA.ID - Bulan Syaban merupakan salah satu bulan di mana umat Muslim mempersiapkan diri dengan banyak ibadah sebelum memasuki ibadah di bulan Ramadhan.

Bulan Syaban merupakan bulan suci yang diisi dengan berbagai macam amalan dan ibadah, mulai dari puasa sunnah, shalat malam, hingga membaca Al-Qur'an. Dan ternyata masih banyak yang belum tahu tentang hukum puasa Senin-Kamis di bulan Syaban.

Di bulan Syaban memang diminta untuk memperbanyak ibadah, pasalnya termasuk dalam bulan suci yang penuh berkah.

Puasa Senin-Kamis di bulan Syaban adalah puasa sunnah yang disarankan oleh Nabi Muhammad SAW. Walaupun demikian, ada perbedaan pendapat di kalangan ulama tentang hukum puasa Senin-Kamis terutama di bulan Syaban.

BACA JUGA:Suku Melayu, Salah Satu Suku Asli yang Mendiami Bengkulu

Beberapa ulama menyebutkan bahwa puasa Senin-Kamis di bulan Syaban merupakan anjuran untuk dilakukan, sama seperti puasa sunnah di bulan-bulan lainnya.

Hal ini berdasarkan pada hadis yang diriwayatkan oleh Abu Daud, bahwa Nabi Muhammad SAW kerap berpuasa di bulan Syaban kecuali ketika menjelang Ramadan.

Tetapi, ada pula ulama yang berpendapat bahwa puasa Senin-Kamis di bulan Syaban alangkah baiknya tidak dilakukan secara khusus, lantaran khawatir akan menyerupai bid'ah atau tradisi sesat yang tidak diakui oleh ajaran agama Islam.

BACA JUGA:Cepat Hindari, Ahli Gizi Ungkap Dampak Negatif Makan Mi Campur Nasi yang Ternyata Berbahaya Bagi Tubuh

Maka dari itu, alangkah baiknya kita berpuasa sunnah di bulan yang lainnya, misalnya seperti puasa di hari Arafah, puasa di bulan Rajab, atau puasa di bulan Syawal sesudah Idul Fitri.

Dalam hal ini, dianjurkan bagi kita untuk memperhatikan nasihat dari ulama yang terpercaya dan memahami dasar hukum tentang puasa sunnah secara menyeluruh. Hal ini dilakukan supaya kita tidak terjebak dalam praktik-praktik yang kurang benar serta tetap menjaga keberkahan ibadah puasa yang dilakukan.

Itu dia penjelasan tentang hukum puasa Senin-Kamis di bulan Syaban yang harus kamu ketahui. Untuk yang sudah terbiasa menjalankan puasa maka tetap diperbolehkan, tetapi kalau hanya di bulan itu saja, alangkah baiknya jangan dilakukam karena takutnya bid’ah.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: