Jangan Salah! Begini Tata Cara Sholat Jenazah yang Benar, Berikut Bacaan Arab, Latin Lengkap dengan Artinya

Jangan Salah! Begini Tata Cara Sholat Jenazah yang Benar, Berikut Bacaan Arab, Latin Lengkap dengan Artinya

Jangan Salah! Begini Tata Cara Sholat Jenazah yang Benar, Berikut Bacaan Arab, Latin Lengkap dengan Artinya--

RADARUTARA.ID- Jangan salah ya. Tata cara sholat jenazah yang benar harus dilakukan sebanyak empat takbir. Di setiap takbirnya, ada bacaan yang berbeda. Kemudian pada sholat jenazah tidak ada rukuk atau sujud. Apa bila salah satu diantara kita ada yang meninggal Rasulullah SAW memerintahkan untuk mengurusnya, mengkafani, menyalatinya dan menguburkannya. 

Dilansir dari buku shalat sunah Rasulullah oleh Muhammad bin Umar bin Salim Bazmul, Rasulullah SAW menganjurkan sholat jenazah karena ada banyak Fadhilah di dalamnya. 

Suatu ketika Amir bin Sa'id bin Abi Waqqash pernah duduk di dekat Abdullah bin Umar. Spontan munculah Khabbab seraya berkata, 

"Wahai Abdullah bin Umar, apakah engkau tidak mendengar apa yang disampaikan Abu Hurairah? Dia pernah mendengar Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,

مَنْ خَرَجَ مَعَ جَنَازَةٍ مِنْ بَيْتِهَا وَصَلَّى عَلَيْهَا ثُمَّ تَبِعَهَا حَتَّى تُدْفَنَ كَانَ لَهُ قِيرَاطَانِ مِنْ أَجْرٍ كُلُّ قِيرَاطٍ مِثْلُ أُحُدٍ وَمَنْ صَلَّى عَلَيْهَا ثُمَّ رَجَعَ كَانَ لَهُ مِنَ الْأَجْرِ مِثْلُ أُحُدٍ

"Siapa yang keluar bersama jenazah dari rumahnya, menshalatinya, kemudian mengiringinya hingga jenazah itu dikubur, maka dia mendapatkan pahala dua qirath, yang setiap qirath seperti gunung Uhud. Siapa yang menshalatinya kemudian pulang, maka dia mendapatkan pahala seperti gunung Uhud."

Perlu diketahui, bahwa sholat jenazah hukumnya fardhu kifayah. Yakni bila ada seseorang yang sudah melakukannya, maka kewajiban muslim yang lain akan gugur dan menjadi sunah. Lalu bagai mana tata cara sholat jenazah yang lengkap?

BACA JUGA:Listrik Sering Padam, Pemilu 2024 di Napal Putih Terganggu

Tata Cara Sholat Jenazah Lengkap

1. Niat

Mengutip dari buku Fikih Sunnah 2 karya Sayyid Sabiq, tata cara sholat jenazah yang pertama adalah dengan melakukan niat di dalam hati dan tidak perlu mengucapkan di mulut.

Rasulullah SAW, "Sesungguhnya setiap perbuatan itu tergantung dengan niat, dan sesungguhnya setiap orang (akan mendapatkan balasan) sesuai dengan yang diniatkan."

2. Takbiratul Ihram

اللَّهُ أَكْبَرُ

Latin: Allahu Akbar

Artinya: "Allah Maha Besar." (HR Muslim dan Ibnu Majah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: