Selain Didoakan Para Malaikat, Ini 5 Keutamaan Wudhu Sebelum Tidur

Selain Didoakan Para Malaikat, Ini 5 Keutamaan Wudhu Sebelum Tidur

Selain Didoakan Para Malaikat, Ini 5 Keutamaan Wudhu Sebelum Tidur--

RADARUTARA.ID - Menurut agama Islam Wudhu adalah aktivitas penting yang berhubungan dengan kebersihan sebagian tubuh sebelum menunaikan ibadah, misalnya seperti shalat atau membaca Al-Qur'an.

Wudhu mempunyai manfaat yang penting untuk kesehatan serta kebersihan fisik, hingga mempunyai nilai spiritual untuk umat Muslim.
 Selain itu, umat Muslim disarankan untuk berwudhu sebelum tidur di malam hari. Hal ini diriwayatkan oleh Ibnu Hibban, Rasulullah SAW pun bersabda:

"Bagi siapa tidur di malam hari dalam keadaan suci atau berwudhu, niscaya Malaikat akan tetap mengikuti, kemudian ketika ia bangun niscaya Malaikat itu akan berucap, "Ya Allah ampunilah hamba mu si fulan, karena ia tidur di malam hari dalam keadaan selalu suci", (HR. Ibnu Hibban & Ibu Umar r.a)."

BACA JUGA:Ustaz Khalid Basalamah Bocorkan Amalan Pembuka 8 Pintu Surga untuk Suami Istri

Tak hanya itu, wudhu sebelum tidur juga mempunyai banyak manfaat lain, berikut ini beberapa diantaranya:

1. Jika Meninggal Maka Wafatnya dalam Keadaan Suci

Orang yang berwudhu sebelum tidur, jika ia meninggal dunia ketika tidur, maka dia meninggal dalam keadaan suci.

2. Dipelihara dari Mimpi Buruk 

Manfaat kedua akan dipelihara dari mimpi buruk. Saat tidur dalam keadaan berwudhu niscaya mimpinya adalah mimpi yang benar serta dijauhkan dari godaan setan.

3. Wafat Husnul Khatimah

Keutamaan selanjutnya yaitu meraih fadhilah wafat keadaan husnul khatimah (kematian yang baik). Jika berwudhu sebelum tidur dan ia meninggal dunia, niscaya ia wafat husnul Khatimah lantaran akhir amalnya yaitu bersuci dan dzikir.

BACA JUGA:6 Tips Aman Diet Bagi Ibu Menyusui, Bikin Produksi ASI Makin Banyak!

4. Seperti Orang Sholat Sampai Dia Bangun

Ada riwayat menyebutkan bahwa orang yang wudhu sebelum tidur, niscaya selama dia tidur dianggap seperti orang melakukan sholat atau berdzikir hingga dia terbangun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: