Keutamaan yang Didapat Jika Berwudhu Sebelum Tidur, Nomor 5 Paling Didambakan Umat Muslim

Keutamaan yang Didapat Jika Berwudhu Sebelum Tidur, Nomor 5 Paling Didambakan Umat Muslim

Keutamaan yang Didapat Jika Berwudhu Sebelum Tidur, Nomor 5 Paling Didambakan Umat Muslim--

RADARUTARA.ID - Berwudhu sebelum tidur adalah suatu amalan sunnah yang bukan cuma mengajarkan kesucian fisik saja, namun juga membawa banyak keutamaan dan keberkahan spiritual. 

Rasulullah SAW secara tegas menganjurkan kepada umatnya untuk menjalankan kebiasaan ini sebagai bentuk penghormatan terhadap keseimbangan antara dimensi rohaniah dengan jasmaniah. 

Dalam hadits, Rasulullah SAW pun bersabda bahwa untuk orang yang tidur fi malam hari dengan kondisi suci atau keadaan berwudhu, maka malaikat akan tetap mengikutinya, kemudian saat dia hendak terbangun, niscaya malaikat akan mengikuti dan menyampaikan doa untuknya.

BACA JUGA:Kata Primbon Jawa 7 Posisi Tidur Ini Bisa Membawa Rezeki, Tertarik Mencoba?

Adapun keutamaan berwudhu sebelum tidur di malam hari adalah:

1. Jika Meninggal Maka Wafatnya dalam Keadaan Suci

Orang yang berwudhu sebelum tidur, jika ia meninggal dunia saat tidur, maka dia meninggal dalam keadaan suci.

2. Dipelihara dari Mimpi Buruk

Keutamaan kedua akan dipelihara dari mimpi buruk. Saat tidur dalam keadaan berwudhu maka mimpinya adalah mimpi yang benar serta dijauhkan dari godaan setan.

3. Seperti Orang Sholat Sampai Dia Bangun

Ada riwayat menyebutkan bahwa orang yang wudhu sebelum tidur, niscaya selama dia tidur akan dianggap seperti orang mengerjakan sholat atau berdzikir hingga dia terbangun.

BACA JUGA:Pantesan Rungkad Mulu, Ini 3 Weton yang Bernasib Sial dan Susah Kaya

4. Didoakan Para Malaikat

Selain ketuga keutamaan di atas, ada satu riwayat Hadis menjelaskan fadhilah wudhu sebelum tidur. Rasulullah SAW pun bersabda: "Bagi siapa yang tidur dalam keadaan suci, niscaya Malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Dia tidak akan bangun sampai Malaikat berdoa 'Ya Allah, ampunilah hamba-Mu si fulan karena tidur dalam keadaan suci." (HR Ibnu Hibban 3/329)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: