Air Tenang Usulkan Pembangunan Siring Jalan Poros Desa, Kades: Ancam Longsor dan Menjadi Penyebab Banjir

Air Tenang Usulkan Pembangunan Siring Jalan Poros Desa, Kades: Ancam Longsor dan Menjadi Penyebab Banjir

Jalan poros desa Air Tenang butuh pembangunan siring--

RADARUTARA.ID- Pemdes Air Tenang, Kecamatan Napal Putih, Kabupaten Bengkulu Utara meminta kepada Pemkab Bengkulu Utara agar dapat mengalokasikan anggaran khusus untuk menangani beberapa titik akses jalan poros di desanya yang sedang rusak dan pembangunan drainase atau siring di kanan kiri bahu jalan poros desanya.

Kata Kades Air Tenang, Supriadi, beberapa titik akses jalan poros di desanya sedang dalam kondisi rusak parah dan menyulitkan masyarakat, terutama saat membawa hasil perkebunan menuju pabrik.

Di sisi lain, sebelah kanan dan kiri bahu jalan poros di desanya, itu membutuhkan saluran drainase atau siring untuk menampung dan menjadi perlintasan air. 

"Kita tidak menuntut rehab total kepada akses jalan poros kita yang sedang rusak itu. Kita hanya minta titik yang sedang rusak parah tepatnya di bagian tanjakan, bisa direhab. Supaya masyarakat nyaman saat membawa hasil perkebunannya ke pabrik," pinta Kades.

"Selain, itu kita juga mohon agar pemerintah daerah mengalokasikan anggaran khusus untuk membangun drainase di sekitar 500 meter bahu jalan poros desa kami. Karena bahu jalan sepanjang 500 meter, itu tidak memiliki akses pembuangan air sehingga menjadi penyebab terjadinya tanah longsor dan banjir," imbuhnya.

BACA JUGA:Program KUR Mandiri 2024 Dibuka, Pinjam Rp100 Juta Tak Perlu Pakai Jaminan, Berikut Syarat dan Suku Bunganya

Supriadi, memastikan, bahwa usulan perbaikan terhadap jalan poros dan pembuatan saluran drainase di desanya, ini turut menjadi bagian dari skala prioritas usulan di Musrembangcam RKPD TA 2025 Kecamatan Napal Putih.

"Alhamdulillah di tahun lalu, pembuatan siring sudah kita dapatkan meskipun belum selesai 100 persen. Tapi kita berharap di tahun 2024 dan 2025 nanti secara bertahap bisa dituntaskan," demikian Kades.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: