Cegah Kasus Asusila, Dinas PPPA Bengkulu Utara Imbau Orang Tua Tingkatkan Pengawasan di Musrenbangcam

Cegah Kasus Asusila, Dinas PPPA Bengkulu Utara Imbau Orang Tua Tingkatkan Pengawasan di Musrenbangcam

Kadis PPPA Bengkulu Utara ajak warga cegah kekerasan anak dan perempuan--

RADARUTARA.ID - Banyaknya kasus kekerasan dan pelecehan kepada anak kerap dilakukan oleh orang terdekat yang seharusnya memiliki kewajiban untuk melindungi, termasuk di Kabupaten Bengkulu Utara.

Oleh sebab itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Bengkulu Utara, Solita Meida M.Pd mengambil momen saat musyawarah rencana pembangunan kecamatan (musrenbangcam) di Padang Jaya.

Dimana, ia ikut mengusulkan permintaan agar para orang tua meningkatkan pengawasan terhadap pergaulan anak-anaknya agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Kami masih menemukan sejumlah anak usia pelajar kumpul-kumpul hingga larut malam, ini cukup rawan dan berpotensi kegiatan negatif,"ujar Solita, Selasa (6/2/2024).

BACA JUGA:Musrenbangcam, Camat Padang Jaya Harapkan Usulan Prioritas dari Desa Terealisasi di Tahun 2025

BACA JUGA:Apa Boleh Membawa Hp Saat Mencoblos 14 Februari Mendatang?

Ia menjelaskan, kumpul-kumpul sampai larut malam akan mengganggu ketenangan masyarakat sekitar lokasi, rawan terjadi tawuran, tindak asusila dan bentuk kenakalan remaja lainnya.

Selain itu, perkembangan tehnologi juga berperan dalam terjadinya kegiatan yang memicu terjadinya kenakalan remaja.

"Pengawasan terhadap anak penting dilakukan, terlebih pada aktifitas anak didalam gadget, kita awasi apa yang dilakukan anak. Jangan sampai kita kecolongan ke hal-hal negatif,"imbaunya.

Solita mencotohkan, di Bengkulu Utara terdapat anak masih berstatus pelajar, namun telah melakukan pergaulan bebas, Kumpul-kumpul konsumsi alkohol, ikut dalam penggunaan Narkoba dan lainnya.

"Untuk itu kami minta peran orang tua ditingkatkan dalam hal pengawasan terhadap anak,"ungkapnya.

Dikesempatan ini, Pihaknya meminta dikegiatan Musrenbangcam tidak hanya membahas terkait pembangunan Infrastruktur saja, namun adanya pembangunan SDM dan moral anak.

"Peningkatan pembangunan infrastruktur sangat pentin, namun pengawasan anak juga penting,"tandasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: