Dituntut Jaga Keamanan di TPS saat Pemilu 2024, Segini Ternyata Honor Anggota Linmas

Dituntut Jaga Keamanan di TPS saat Pemilu 2024, Segini Ternyata Honor Anggota Linmas

Anggota Linmas saat mendapatkan arahan terkait tugas selama Pemilu 2024--

RADARUTARA.ID- Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 akan segera digelar pada 14 Februari, mendatang. Penyelenggaraan Pemilu yang aman, tertib dan damai adalah tanggung jawab bersama, termasuk anggota Satlinmas.

Satlinmas sendiri atau Satuan Perlindungan Masyarakat adalah kelompok masyarakat yang terorganisir dan terlatih untuk memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat. Mereka memiliki peran penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat, tak terkecuali dalam penyelenggaran Pemilu. 

Secara Tupoksi, Satlinmas dituntut untuk menjaga keamanan dan ketertiban di TPS, mulai dari proses pemungutan suara, penghitungan suara hingga rekapitulasi suara. Bahkan, Satlinmas juga bertugas untuk mencegah terjadinya gangguan keamanan di TPS seperti perusakan alat peraga kampanye, kerusuhan dan lain sebagainya.  

"Keamanan dan ketertiban memang tanggung jawab kita bersama, tapi dalam pelaksanaan Pemilu nanti. Anggota Satlinmas adalah garda terdepan untuk menjamin keamanan dan ketertiban di areal TPS. Sehingga kami berharap, sebelum bertugas nantinya. Seluruh anggota Satlinmas dapat menyiapkan mental, fisik dan memahami Tupoksinya," ujar Camat Ketahun, Nasri, S.Pd.

BACA JUGA:Mainkan Game ini, Uang Rp150.000 Auto Masuk dan Cair Lewat Akun DANA Kalian

Di sisi lain, Nasri, mengungkapkan, bahwa dalam penugasan Pemilu ini. Anggota Satlinmas akan mendapatkan honor khusus yang bersumber dari penyelenggara Pemilu yakni KPU.

"Mereka akan diberi honor khusus terkait penugasannya dalam pelaksanaan Pemilu tahun ini. Dan honor, itu diberikan oleh KPU," ungkapnya.

Terpisah Ketua PPK Ketahun, Hendri, turut mengaminkan. Bahwa dalam penugasannya di dalam pelaksanaan Pemilu 14 Februari, mendatang. Anggota Satlinmas yang berjumlah 110 orang di Kecamatan Ketahun, ini nantinya akan bertanggung jawab atas keamanan dan ketertiban di setiap TPS. 

"Tugas mereka pengamanan pada saat jalannya pelaksanaan Pemilu. Mulai dari pengawalan logistik Pemilu, pencoblosan sampai arus balik logistik ke PPK," ungkapnya.

BACA JUGA:Catat, Ternyata Ada 5 Sifat Pria yang Paling Dirindukan Janda Kembang, Apa Saja?

Di satu sisi, Hendri, mengatakan, bahwa dalam penugasannya di PAM TPS nanti anggota Satlinmas akan diberi honor yang bersumber dari pihak penyelenggara Pemilu.

"Honor yang akan diterima anggota Satlinmas dari KPU nantinya sebesar Rp 700.000," demikian Hendri.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: