Orang Gila Akan Masuk Surga, Benarkah? Ini Penjelasannya

Orang Gila Akan Masuk Surga, Benarkah? Ini Penjelasannya

Orang Gila Akan Masuk Surga. Benarkah? Ini Penjelasannya.--

RADARUTARA.ID- Seseorang yang mengidap gangguan mental, tentu akan mengalami hilang kesadaran serta tidak dapat berpikir jernih dan waras. Kadang kala, tindakan sehari-hari yang ia lakukan tanpa sadar, bahkan mengurus diri sendiri pun abai dilakukan. 

Lantas, apakah dalam kondisi demikian hukum Islam tetap berlaku padanya, dan apakah ia akan masuk surga ketika meninggal dunia?

Secara umum, hukum Islam hanya dibebankan kepada mukalaf atau orang yang dibebani tugas. Hal ini memiliki arti bahwa, tidak semua orang Islam dibebani tugas dan kewajiban oleh Allah SWT.

Sejumlah ulama menyatakan bahwa seorang mukalaf harus memenuhi 3 persyaratan yaitu, muslim, balig dan berakal sehat.

Hal ini berdasarkan sabda nabi Muhammad SAW yang menyatakan bahwa "Catatan amal diangkat dari 3 jenis orang, orang tidur sampai dia bangun, anak kecil sampai dia balig, dan orang gila sampai dia sembuh dari gilanya," (H.R Ahmad)

BACA JUGA:Bansos Rp600 Ribu Segera Cair, Buruan Cek Nama Kamu Terdaftar Atau Tidak

Dengan demikian maka kewajiban Islam yang dimulai dari salat, puasa, zakat dan sebagainya hanya berlaku pada orang mukalaf. Sementara itu untuk anak kecil dan pengidap gangguan jiwa akut atau orang gila tidak dibebani kewajiban-kewajiban Islam tersebut.

Bagaimanapun juga pembebanan kewajiban Islam tidak akan melebihi batas kemampuan mukalaf. 

Hal itu sudah tertera di dalam Al-Quran surah Al-Baqarah ayat 286 yang artinya,  "Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat pahala dari kebajikan yang dikerjakannya dan dia mendapat siksa dari kejahatan yang diperbuatnya."

Apabila orang gila atau pengidap gangguan jiwa tidak dikenai tanggung jawab dan kewajiban dalam Islam. Maka mereka secara otomatis tidak akan memperoleh dosa atau mendapatkan pahala dari amalan yang mereka telah lakukan. 

Pengidap gangguan jiwa di posisikan seperti anak kecil yang tidak dikenakan kewajiban shalat puasa dan sebagainya.

Tidak hanya itu mereka juga tidak dihisap amalannya di akhirat.

BACA JUGA:Berapa Kali Sih, Makan Mie Instan yang Baik Bagi Tubuh? Berikut Penjelasan Ahli Gizi

Lalu pertanyaan selanjutnya adalah apakah orang gila akan masuk surga atau neraka saat di akhirat kelak?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: