Rekomendasi Sayuran Penambah Darah, Cocok untuk Mengatasi Anemia

Rekomendasi Sayuran Penambah Darah, Cocok untuk Mengatasi Anemia

Rekomendasi Sayuran Penambah Darah, Cocok untuk Mengatasi Anemia--

RADARUTARA.ID - Seseorang yang mengalami anemia akan merasakan lemas, cepat lelah, pusing, pucat, sampai napas pendek. anemia atau kurang darah terjadi saat tubuh kekurangan sel darah merah yang sehat, atau ketika sel darah merah tak lagi berfungsi dengan baik.

Jadi, cara mengatasi atau mencegah anemia ini tak selalu melalui asupan obat-obatan. Karena ada beberapa makanan yang bisa dimanfaat untuk mengatasi anemia. Misalnya makanan yang kaya kandungan zat besi. makanan ini dapat dijumpai dalam lauk-pauk, kacangan-kacangan, buah-buahan, sampai sayur-sayuran

Lantas, apa saja sayuran penambah darah yang dapat dikonsumsi untuk mengatasi anemia?

BACA JUGA:Jelang Pemilu 2024, Para Siswa Geruduk Kantor Dukcapil Bengkulu Utara

1. Bayam

Selain dapat diolah menjadi masakan yang lezat, bayam ternyata mengandung natrium sebesar 4 mg dalam 100 gramnya. Walaupun demikian, bayam juga mengandung air sebesar 92%, sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengontrol tekanan darah. Bahkan, bayam juga mengandung vitamin E yang memiliki fungsi untuk membantu tubuh melawan radikal bebas serta mencegah kerusakan sel.

2. Wortel

Ternyata wortel juga mengandung natrium yang tinggi. Dalam 100 gram wortel, terkandung 70 mg natrium. Bahkan, wortel juga mengandung air sebanyak 87%, sehingga baik untuk dikonsumsi bagi penderita darah rendah.

BACA JUGA:Ikuti Resep Bagar Asam Ikan Kakap Merah Khas Bengkulu Ini, Dijamin Bikin Makan Jadi Nambah

3. Seledri

Selain dipakai untuk mempercantik serta memperkuat rasa masakan, seledri juga diketahui tinggi akan natrium. Dalam 100 gram seledri, terkandung 96 mg natrium, sementara batang seledri mengandung 75 mg natrium per 100 gram. Seledri juga mengandung air sebanyak 95% dan juga mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin K, hingga asam folat.

4. Brokoli

Brokoli merupakan sayuran penambah darah yang baik dikonsumsi bagi orang yang mengidap anemia. Satu porsi atau cangkir (154 gram) brokoli terkandung 1 mg zat besi, atau 6 % dari kebutuhan zat besi harian. Brokoli juga kaya vitamin C yang membantu tubuh untuk menyerap zat besi secara lebih efektif.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: