5 Fakta Zeus, Raja Dewa dalam Mitologi Yunani Kuno, Dilahirkan di Dalam Gua dan Dirawat Kambing Betina

5 Fakta Zeus, Raja Dewa dalam Mitologi Yunani Kuno, Dilahirkan di Dalam Gua dan Dirawat Kambing Betina

Fakta mengenai Raja Zeus dari Mitologi Yunani Kuno--

Meskipun tidak mati namun Cronus melemah dan akhirnya memuntahkan semua anak-anaknya yang telah ditelan olehnya. Hal itulah yang kemudian menyebabkan Zeus menjadi anak sulung dari Cronus yang sejatinya ia merupakan seorang anak yang paling muda. Sosoknya kemudian menjadi raja para dewa yang sekaligus menjadi pengganti dari kekuasaan ayahnya.

BACA JUGA:Lagi Viral, Begini Cara Mengaktifkan FB Pro Agar Menghasilkan Uang dari Konten

3. Memiliki banyak istri, selingkuhan, juga anak

Meski dikenal sebagai sosok dewa yang kuat dan memiliki wibawa yang tinggi. Zeus juga dikenal sebagai sosok dewa yang tak cukup satu wanita.

Zeus tidak hanya menikahi para dewasa saja akan tetapi dari kalangan manusia yang menurutnya cantik maka ia ingin memilikinya. Themis, Titaness of Justice tidak hanya para dewa yang lain ia bahkan juga menikahi saudara kandungnya sendiri yaitu Hera.

Dari hasil pernikahan dan perselingkuhannya tersebut Ia banyak menghasilkan keturunan baik dari kalangan manusia setengah dewa ataupun yang kemudian menjadi dewa adalah.

Beberapa diantaranya Aphrodite, Dionysus, Hermes, Athena, Apollo, Ares, Artemis yang kemudian menjadi dewa-dewa Olympus. Dan ada beberapa manusia yang memiliki kekuatan super seperti Hercules dan perseus yang merupakan anak dari Zeus.

BACA JUGA:Deretan 5 Kota Tertua di Indonesia, Ada Palembang Hingga Banda Aceh

4. Olimpiade diselenggarakan untuk menghormatinya 

Olimpiade yang kita kenal saat sekarang ini yang Bahkan menarik jutaan pengunjung dan penonton dari berbagai penjuru dunia merupakan warisan dari budaya Yunani, Yunani kuno menggunakan olimpiade sebagai bentuk penghormatan terhadap dewa mereka yaitu Zeus.

Menurut beberapa sumber olimpiade diselenggarakan pertama kali pada 776 sebelum masehi. yang dipergunakan untuk menghormati raja para dewa yaitu Zeus sendiri.

5. Meski begitu, hanya sedikit orang yang memujanya 

Pada masa Yunani kuno kuil terbesar untuk menghormati para dewa yaitu kuil olimpian, yang digunakan untuk menghormati raja para dewa tersebut yaitu sendiri.

Meskipun statusnya sebagai sosok raja para dewa tidak membuatnya banyak disembah hal tersebut dibuktikan dari sedikitnya kuil yang diperuntukkan untuk Zeus. Malah yang lebih menarik lagi masyarakat Yunani kuno lebih senang membangun kuil untuk Apollo dan senang berdoa kepadanya.

Nah demikianlah beberapa fakta menarik seputar raja para dewa, dari sekian banyak fakta tersebut masih beberapa hal yang tersembunyi tentang Zeus.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: