Deretan 5 Kota Tertua di Indonesia, Ada Palembang Hingga Banda Aceh

Deretan 5 Kota Tertua di Indonesia, Ada Palembang Hingga Banda Aceh

Deretan 5 Kota Tertua di Indonesia, Ada Palembang Hingga Banda Aceh--

RADARUTARA.ID - Indonesia adalah negara kepulauan dengan berbagai sejarah dan budaya sebagai pelengkapnya. Dari Sabang sampai Merauke, ada banyak daerah dengan keunikannya masing-masing.

Sejak merdeka di tahun 1945, tentu sudah banyak peruabahan dari segi budaya ataupun letak geografis.

Perluasan provinsi, sampai kemunculan kota-kota baru di Indonesia adalah dampak dari perkembangan yang dialami semenjak kemerdekaan telah diberlakukan.

Sejak tahun 1945, DKI Jakarta terkenal sebagai Ibukota Indonesia. Namun, hal tersebut tidak menjadikan Kota Jakarta sebagai kota tertua yang ada di Indonesia.

BACA JUGA:Baru Tahu! Ternyata Menanam Sawo di Pekarangan Rumah Bisa Membuat Hidup Sial dan Susah, Begini Penjelasannya

Jika di telusuri kembali sejarahnya, ini dia lima kota tertua yang ada di Indonesia.

1. Palembang (682 Masehi)

Palembang sudah berdiri sejak abad ke-7, tepatnya di tahun 682 Masehi. Jika ditinjau dari topografinya, Palembang adalab kota yang dikeliling oleh air. Air tersebut sumbernya dari air hujan, rawa, dan juga sungai. Itu sebabnya itu, menurut bahasa Melayu, Palembang, lembang, atau lembeng memiliki arti sebagai genangan air.

2. Salatiga (750 Masehi)

Salatiga telah berdiri sejak tahun 750 Masehi. Salatiga adalah kota yang strategis, lantaran letaknya yang diapit oleh dua kota besar lainnya, yakni Semarang dan Solo. Ketika zaman Belanda dahulu, Kota Salatiga ini disebut sebagai kota paling indah di Jawa Tengah, sehingga banyak ditemukan rumah-rumah peninggalan Belanda dan banyak tempat wisata alam yang indah.

3. Kediri (879 Masehi)

Kediri merupakan kota yang sudab ada sejak tahun 879 Masehi. Menjadi salah satu kota tertua di Indonesia, tentu adat istiadat dan budayanya juga bisa dikatakan cukup kental. Kediri mempunyai ritualnya tersendiri jika sedanv memperingati hari jadi kota. Setiap tahunnya, akan diadakan ritual adat yang Bernama Manusuk Sima. Prosesi ritual adat ini merupakan napak tilas sebuah peristiwa 1.141 tahun yang lalu tentang sejarah dari berdirinya Kediri.

BACA JUGA:Polisi Larang Penggunaan Knalpot Brong, Kecuali Khusus Kendaraan Jenis Ini

4. Magelang (907 Masehi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: