Sensasi Kelezatan Gulai Umbut Lipai, Menu Makan Siang Favorit Warga Seluma Bengkulu

Sensasi Kelezatan Gulai Umbut Lipai, Menu Makan Siang Favorit Warga Seluma Bengkulu

Sensasi Kelezatan Gulai Umbut Lipai, Menu Makan Siang Favorit Warga Seluma Bengkulu--

RADARUTARA.ID - Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu, menyuguhkan beberapa kuliner lezat yang menggugah selera. Dengan beraneka ragam hidangan khasnya, pemburu kuliner bisa menikmati pengalaman wisata yang takkan terlupakan.

Salah satu daya tarik kuliner utama di Seluma yang wajib dicoba yaitu Gulai Umbut Lipai. Gulai ini dibuat dengan bumbu khas Seluma yang akan memberikan rasa gurih dan nikmat. Restoran dan warung makan di daerah ini menawarkan beraneka ragam jenis Gulai Umbut Lipai yang bisa dinikmati para pelancong.

Salah satu jenis umbut yang kerap digunakan yaitu umbut enau atau pucuk aren. Selain dipakai dalam pembuatan gula aren, umbut enau juga menjadi bahan utama dalam beragam hidangan Seluma, mulai dari gulai dan sayur. Rasa manis alami dari umbut enau sehingga menjadi daya tarik utama.

BACA JUGA:Waspadai Pergerakan Lempeng Tektonik di Laut Lais, Bengkulu Utara

Bahkan, umbut kelapa juga sangat terkenal dalam masakan Seluma. Umbut kelapa yang lembut dan berair kerap digunakan dalam beragam hidangan, terutama gulai, sayur, atau bisa diolah menjadi keripik.

Umbut rotan juga menjadi bagian paling penting dalam kuliner Seluma. Diolah dengan rempah-rempah dan santan, umbut rotan melahirkan hidangan yang kaya rasa dan kelezatan.

Para koki di Seluma juga tak jarang memakai umbut pucuk merah yang mempunyai warna merah mencolok dalam setiap hidangan mereka.

Rasa unik dari umbut ini bisa ditemukan dalam bermacam masakan mulai dari gulai, lalapan, atau hidangan ikan dan daging. Tak ketinggalan, umbut lipai juga ikut meramaikan hidangan khas Seluma.

BACA JUGA:Bukan Timex, Hanya dengan Campuran Daun Salam dan Bawang Putih, Tikus dan Curut di Rumah Bisa Musnah Selamanya

Dengan cita rasa pahit alami, umbut lipai menjadi tambahan yang sangat istimewa dalam masakan khas daerah ini. Dan termasuk umbut yang paling disukai walaupun termasuk kategori umbut yang bisa dikatakan cukup mahal harganya.

Kuliner Seluma yang kaya dengan penggunaan beraneka ragam umbut ini sudah menjadi daya tarik bagi para wisatawan dan penikmat kuliner.

Masyarakat setempat pasti bangga akan warisan kuliner mereka yang unik dan juga lezat. Dengan kekayaan alam yang berlimpah, Seluma berhasil menggoda lidah dengan hidangan-hidangan tradisional mereka yang memanfaatkan kelezatan dari umbut-umbutan ini.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: