Waspadai Pergerakan Lempeng Tektonik di Laut Lais, Bengkulu Utara

Waspadai Pergerakan Lempeng Tektonik di Laut Lais, Bengkulu Utara

Pergerakan Lempeng Tektonik di Laut Lais, Bengkulu Utara--

RADARUTARA.ID- Gempa tektonik  berkekuatan kecil hingga besar sangat rentan terjadi di Provinsi Bengkulu. Bahkan berdasarkan update informasi dari BMKG Bengkulu, gempa bumi telah terjadi belasan kali dalam dua pekan terkahir, di awal tahun 2024.

Kepala BPBD Kabupaten Bengkulu Utara Eka Hendriadi menyebut bencana gempa di provinsi Bengkulu, khususnya di Bengkulu Utara memang sangat sering terjadi. Hanya saja masih dalam kategori berkekuatan kecil, sehingga tidak terlalu berpengaruh pada masyarakat.

Hanya saja meski demikian, pihaknya tetap minta agar masyarakat tetap waspada. Sebab, Kabupaten Bengkulu Utara merupakan salah satu daerah yang pernah dilanda gempa dengan kekuatan besar pada tahun 2007 lalu. Kekuatannya hingga, 7,9 skala richter berlokasi di barat laut Lais Bengkulu, 106 kilometer barat laut Lais Bengkulu.

"Dengan kejadian itu, maka Kita harus tetap waspada. Sebab, potensi pergerakan lempeng di laut Lais kapan saja bisa terjadi dan kita tidak akan tau itu," jelasnya, usai melaksanakan penanaman pohon serentak di Desa Kota Agung, Senin (15/1/2024).

BACA JUGA:Badan Jalan di Kecamatan Air Besi Menyempit, Ini Pesan Camat

Eka mengaku, terkait upaya mengantisipasi korban saat gempa berlangsung, pihaknya sudah pernah melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang di fokuskan kepada para siswa di akhir tahun 2023 lalu.

Ia berharap, jika sewaktu-waktu terjadi gempa. Khususnya pada siang hari para siswa bisa melakukan penyelamatan diri dengan cepat.

"Kita berikan pendidikan penyelamatan diri saat gempa kepada siswa. Sebab, resikonya sangat besar jika gempa terjadi siang hari dan para siswa masih di dalam kelas," jelasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: