Kelezatan Bay Tat, Kue Khas Bengkulu yang Wajib Dibawa Pulang untuk Oleh-oleh Orang Rumah

Kelezatan Bay Tat, Kue Khas Bengkulu yang Wajib Dibawa Pulang untuk Oleh-oleh Orang Rumah

Kelezatan Bay Tat, Kue Khas Bengkulu yang Wajib Dibawa Pulang untuk Oleh-oleh Orang Rumah--

RADARUTARA.ID - Indonesia memiliki beraneka ragam kuliner lezat yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh ketika berwisata. Bagi kamu yang sedang berlibur ke Bengkulu, kue bay tat merupakan makanan khas sekaligus favorit warga Kota Bengkulu.

Bay tat merupakan kue yang mirip dengan pai dan berisi selai nanas. Terkadang, kue khas Bengkulu ini juga ditaburi dengan perutan keju.

Nama bay tat sendiri asalnya dari bahasa Bengkulu "bay" yang artinya induk dan "tat" dari kata tart. Jadi, bay tat merupakan kue tart khas Kota Bengkulu.

Walaupun saat ini, bay tat sudab menjadi ikon kuliner Bengkulu yang bisa dinikmati semua lapisan masyarakat, zaman dulu bay tat merupakan makanan para bangsawan.

BACA JUGA:5 Tempat Wisata di Yogyakarta Ini Paling Populer dan Cocok untuk Dikunjungi saat Libur Panjang Nataru

Dulunya, Kue ini hanya disajikan untuk raja dan keluarganya saja. Pasalnya, Bengkulu sendiri memang terkenal memiliki beberapa kerajaan, mulai dari kerajaan Pepinau, Selebar, dan juga Sungai Serut.

Bay tat terbuat dari campuran tepung gandum, gula pasir, telur ayam, mentega, serta santan kelapa.

Lalu adonan ini akan dipanggang, sebelum diolesi dengan selai nanas. Sesudah dipanggang, bay tat biasanya akan mengeluarkan wangi santan yang khas.

Jadi tak heran, kalau kue ini memiliki tekstur yang lembut tetapi juga sedikit renyah. Rasa selai nanasnya juga legit, namun pas di lidah.

BACA JUGA:Kelezatan Perut Punai, Oleh-oleh Khas Bengkulu yang Punya Seribu Nama

Kue Bay Tat ini biasanya disajikan sebagai teman untuk minum kopi dan teh. Sebelum disajikan, bay tat harus dipotong-potong terlebih dahulu.

Hal ini lantaran bay tat biasanya dijual dalam bentuk kotak atau lingkaran, mirip seperti pai di luar negeri.

Jadi bagi kamu yang sedang liburan di Bengkulu, jangan lupa untuk membeli kue bay tat untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Kue khas Bengkulu ini bisa kamu beli di aneka sentra oleh-oleh, salah satunya berara di dekat Simpang Lima Bengkulu. Sedangkan untuk harganya sendiri, bay tat biasa dibanderol dengan kisaran harga Rp 20.000 sampai Rp 25.000-an saja.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: