5 Bumbu Dapur yang Sangat Berbahaya Jika Dikonsumsi Terlalu Banyak, Apa Saja?

5 Bumbu Dapur yang Sangat Berbahaya Jika Dikonsumsi Terlalu Banyak, Apa Saja?

5 Bumbu Dapur yang Sangat Berbahaya Jika Dikonsumsi Terlalu Banyak, Apa Saja?--

RADARUTARA.ID - Rempah-Rempah kerap dijumpai di dapur sebagai penyedap rasa untuk memperkaya cita rasa pada masakan, Rempah tidak hanya digunakan sebagai bumbu dapur saja akan tetapi juga sering digunakan sebagai bahan obat herbal.

Namun tidak semua rempah bisa bermanfaat baik untuk tubuh terutama kulit ada beberapa jenis rempah yang justru apabila dikonsumsi secara berlebihan akan berdampak buruk bagi kesehatan kulit.

Sejak dahulu Indonesia dikenal sebagai negara penghasil rempah-rempah terbaik di dunia. Rempah-rempah banyak mengandung antioksidan yang tinggi, dan sering digunakan sebagai bumbu masakan atau bahkan untuk campuran ramuan tradisional. Selain itu rempah-rempah juga dikonsumsi untuk menjaga imunitas tubuh.

Meskipun rempah-rempah memiliki khasiat dalam menyembuhkan beberapa penyakit, namun ada beberapa rempah-rempah yang memang tidak cocok dikonsumsi dan malah berdampak buruk pada kesehatan kulit. Nah berikut ini adalah 5 rempah-rempah yang memang buruk untuk kesehatan kulit:

BACA JUGA:Siapakah Sebenarnya Sabdo Palon, Sosok Misterius yang Selalu Dikaitkan dengan Penguasa Tanah Jawa?

1. Cabai

Cabai merupakan bumbu dapur yang wajib ada di setiap masakan Indonesia. Cita rasa pedas yang dihasilkan dari cabai memberikan kenikmatan tersendiri dalam masakan. Selain cita rasanya yang pedas cabai juga mengandung vitamin c yang tentunya bermanfaat untuk detoksifikasi. Sehingga cabai ini cocok untuk orang-orang yang sedang melakukan program diet.

Mengkonsumsinya terlalu berlebihan juga tidak memberikan efek yang baik pada tubuh. Di dalam cabai juga mengandung aflatoksin yang berdampak buruk bagi kesehatan kulit, diantaranya dapat menyebabkan ruam, iritasi kulit, dan masih banyak lainnya.

BACA JUGA:7 Tanaman Herbal yang Bisa Membuat Anak Anda Jadi Lebih Jenius dan Membanggakan, Apa Saja?

2. Kayu Manis

Rempah yang satu ini sudah terkenal dan mendunia siapa yang tidak tahu khasiat dari kayu manis selain pelengkap dalam kue dan penyedap rasa dalam masakan serta campuran dalam minuman hangat.

Kayu Manis memiliki khasiat yang sangat banyak namun tidak cocok untuk kulit. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Nutrition. Dijelaskan bahwasanya kayu Manis dapat menyebabkan sensasi kesemutan pada kulit ruam kemerahan.

3. Mustard

Saus ini cukup populer sebagai pelengkap rasa pada sejumlah makanan cepat saji. Saus ini pada awalnya berasal dari tanaman sesawi yang kemudian diolah menjadi saus yang kini banyak disukai oleh kebanyakan orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: