Tripika Ketahun Monitoring dan Evaluasi Banjir di Perumnas Giri Kencana, Kapasitas Siring dan Sampah Jadi Perh

Tripika Ketahun Monitoring dan Evaluasi Banjir di Perumnas Giri Kencana, Kapasitas Siring dan Sampah Jadi Perh

Tripika Ketahun monitoring dan evaluasi peristiwa banjir yang sempat menimpa warga Perumnas di Desa Giri Kencana--

RADARUTARA.ID- Tindakan monitoring dan evaluasi dilakukan oleh jajaran Tripika Kecamatan Ketahun yang terdiri dari unsur kecamatan, TNI dan Polri terhadap bencana banjir yang sempat menimpa perumahan warga yang ada di areal Perumnas Desa Giri Kencana (D1), Kecamatan Ketahun, Kabupaten Bengkulu Utara pada Jumat (5/1) hari, ini.

Dari hasil monitoring dan evaluasi, itu Tripika Ketahun menemukan adanya 2 penyebab terjadinya banjir. Penyebab pertama disebabkan oleh kapasitas atau ukuran siring yang kurang memadai. Sehingga harus dilakukan peningkatan terhadap kapasitas siring dengan menambah ukuran lebar dan tinggi siring.

Selanjutnya, dari monitoring dan evaluasi, itu. Jajaran Tripika Ketahun juga menemukan tumpukan sampah pada aliran siring lingkungan menuju aliran siring induk yang menyebabkan terjadinya penyumbatan.

"Untuk menindak lanjuti, ini Pemdes dan pemerintah kecamatan akan berkoordinasi ke pemerintah daerah untuk mengusulkan renovasi siring induk agar kapasitasnya lebih lebar dan tinggi. Selanjutnya, unsur Tripika akan berkoordinasi ke sejumlah perusahaan untuk menarik sampah dari siring atau gorong-gorong yang tersumbat," ungkap Kapolsek Ketahun, Iptu Freddy Simaremare, SH.

BACA JUGA:Camat Kerkap Minta 3 Prioritas Penggunaan Dana Desa 2024 Ini Harus Dilaksanakan Desa

Selebihnya, masih Kapolsek, aksi gotong royong bersama warga dan Tripika juga akan dilaksanakan untuk membantu proses pembersihan sampah pada aliran siring induk yang menjadi faktor pemicu terjadinya banjir

"Kepada masyarakat kami turut menghimbau agar tetap menjaga kebersihan lingkungan. Khususnya jangan membuang sampah sembarangan. Kita optimis, apa bila kapasitas siring berhasil ditingkatkan dan tidak ada sampah yang menumpuk, maka banjir musiman di areal Perumnas Giri Kencana, ini tidak akan terulang lagi," demikian Kapolsek.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: