Camat Kerkap Minta 3 Prioritas Penggunaan Dana Desa 2024 Ini Harus Dilaksanakan Desa

Camat Kerkap Minta 3 Prioritas Penggunaan Dana Desa 2024 Ini Harus Dilaksanakan Desa

Prioritas Dana Desa 2024--

RADARUTARA.ID - Camat Kerkap, Kabupaten Bengkulu Utara, Ramdani Halian, SH menegaskan ada tiga hal prioritas yang wajib dilaksanakan desa dalam memanfaatkan penggunaan Dana Desa tahun anggaran 2024.

Ketiga hal prioritas tersebut yakni penyaluran bantuan langsung tunai (BLT), penanganan kasus stunting (kekerdilan pada anak), dan ketahanan pangan.

"Kebijakan BLT desa harus terus diberikan karena merupakan salah satu instrumen penting dalam menurunkan jumlah status desa berkembang, tertinggal dan sangat tertinggal," kata camat.

"Kemudian, ketahanan pangan dan prevalensi stunting merupakan dua hal yang berkaitan dan harus memiliki porsi yang lebih dari penggunaan Dana Desa 2024 ini," imbunya.

 

Ia meminta desa menjadikan 3 hal prioritas dana desa tahun 2024 untuk benar-benar direncanakan dan dilaksanakan dengan baik. Sehingga dana desa 2024 lebih menyentuh pada kebutuhan dasar masyarakat selain digunakan untuk kebutuhan operasional, pemberdayaan masyarakat maupun pembangunan fisik.

"Untuk memastikan dana desa 2024 sesuai dengan harapan pemerintah pusat. Maka, kami akan terus melakukan pengawasan dan pendampingan kepada desa, mulai dari perencanaan hingga pelaporannya," jelas Ramdani Halian.

Sementara disinggung berapa desa di wilayah kerjanya yang sudah melakukan penyusunan rencana kegiatan dari alokasi dana desa tahun 2024? camat mengaku untuk saat ini belum bisa disampaikan 

"Untuk berapa desa yang sudah menetapkan APBDes 2024 saya belum bisa sampaikan sekarang. Kami akan gelar rapat evaluasi dengan desa dulu," tandasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: