5 Orang Golongan Ini Tak Disarankan Makan Terong Berlebihan, Ngeri Akibatnya!

5 Orang Golongan Ini Tak Disarankan Makan Terong Berlebihan, Ngeri Akibatnya!

5 Orang Golongan ini Tak Disarankan Makan Terong Berlebihan, Ngeri Akibatnya!!--

RADARUTARA.ID- Sebagian besar orang di Indonesia sangat menggemari sayuran jenis Terong. Ini, karena Terong bisa di olah menjadi berbagai hidangan seperti tumis, balado, di goreng hingga dicampurkan dengan sambal. 

Selain bisa diolah menjadi berbagai hidangan, terong juga memiliki banyak manfaat diantaranya mengurangi resiko penyakit jantung, gula darah hingg melawan kanker. 

Akan tetapi, ada beberapa golongan orang yang disarankan tidak mengkonsumsi terong secara berlebihan. Karena jika tetap dipaksakan, justru akan menimbulkan akibat yang cukup ngeri. 

BACA JUGA:Berikut Daftar Pantai di Lampung yang Cocok untuk Liburan Tahun Baru

1. Orang dengan kadar zat besi rendah

Dikutip dari Medical News Today, orang dengan kadar zat besi rendah tidak boleh mengonsumsi makanan yang mengandung nasunin dalam jumlah besar. Karena, nasunin dapat mengikat zat besi dan mengeluarkannya dari sel.

Proses yang dikenal sebagai kelasi besi ini mungkin berguna bagi orang yang memiliki terlalu banyak zat besi dalam tubuhnya.

Tapi orang dengan kadar zat besi rendah sebaiknya tidak mengonsumsi makanan yang mengandung nasunin dalam jumlah besar.

BACA JUGA:Referensi Libur Nataru! Ini 3 Destinasi Wisata Seru yang Cocok untuk Lansia

2. Alergi terong

Kasus ini jarang terjadi, tapi satu atau beberapa senyawa dalam terong dapat memicu reaksi alergi.

Penyebab utamanya adalah protein transfer lipid di dalam tanaman. Gejala reaksi yang ditimbulkan berupa gatal-gatal, bengkak, dan kesulitan bernapas. Orang yang mengalami gejala tersebut harus segera mendapatkan pertolongan medis. Karena kemungkinan mereka mengalami anafilaksis atau reaksi alergi yang mengancam jiwa.

3. Orang yang keracunan solanin

Terong adalah bagian dari nightshade yang mengandung alkaloid, termasuk solanin yang bisa menjadi racun. Harus diketahui, solanin berguna untuk melindungi terong saat tanaman ini masih tumbuh. Orang-orang biasanya berisiko menelan sebagian besar solanin jika mereka makan terong yang sudah berubah warna menjadi hijau. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: