Ini Risiko Minum Susu saat Kondisi Perut Kosong, Jangan Dilakukan Lagi!

Ini Risiko Minum Susu saat Kondisi Perut Kosong, Jangan Dilakukan Lagi!

Ini Risiko Minum Susu saat Kondisi Perut Kosong, Jangan Dilakukan Lagi!--

RADARUTARA.ID - Susu memang mempunyai banyak gizi dan nutrisi, tetapi ternyata, minum Susu saat kondisi perut kosong akan menimbulkan beberapa kerugian. Penelitian menyebutkan, minum Susu saat kondisi perut kosong akan menyebabkan beberapa gangguan pencernaan.

Ahli gizi menyebutkan, dalam menjaga kesehatan saluran pencernaan, alangkah baiknya bukan cuma menilai gizi dan nutrisi yang terkandung di dalam makanan saja. Tetapi juga harus mengerti kapan waktu yang tepat untuk mengonsumsi bermacam jenis makanan tersebut.

Terutama waktu pemilihan dalam meminum susu. Jika tidak tepat, nutrisi di dalam susu malah tidak akan terserap secara maksimal oleh tubuh. Namun sebaliknya, saluran pencernaan justru akan semakin terganggu.

BACA JUGA:Rekomendasi Sarapan di Bubur Ayam Abah Amel Bengkulu, Kuahnya Gurih, Sedap Bikin Ketagihan!

Lantas kapan waktu tepat untuk minum susu? Beberapa peneliti menyebutkan bahwa minum susu sebelum tidur akan meningkatkan kualitas tidur. Hal ini lantaran didalam susu terkandung nutrisi yang lengkap seperti makanan.

Jadi saat kita minum susu sebelum tidur, susu akan bertahan cukup lama di dalam usus lantaran proses pencernaannya yang tidak mudah.

Efek yang diperoleh, kita akan tidur dalam kondisi perut yang masih kenyang, seperti saat kita melakukan kebiasaan makan malam sebelum tidur. Sebagai ahli nutrisi, Dr. Rupali Datta, mengatakan bahwa susu mirip dengan makanan berat, mengandung nutrisi yang kompleks.

"Jadi selama kamu tidak mempunyai gangguan alergi laktosa, minum susu di pagi hari saat perut kosong tak akan menjadi masalah," ucapnya.

BACA JUGA:Meski Suka Menyendiri, Tapi 4 Weton Lakuning Lintang ini Diramalkan Bakal Sukses Besar

Tetapi kalau kamu alergi terhadap laktosa, atau mempunyai gangguan dalam saluran pencernaan, maka ahli gizi tak menyarankan untuk kamu mengonsumsi susu saat kondisi perut kosong. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

"Untuk memulai hari alangkah baiknya minumlah minuman yang lebih ringan dari susu, contohnya seperti air putih hangat atau air lemon."

Minuman dengan nutrisi yang sederhana ini selain ringan dan mudah dicerna, juga memiliki khasiat membersihkan saluran cerna dari racun-racun sisa metabolisme.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: