Anti Gagal, Ternyata Ini 5 Media Tanam Terbaik untuk Tanaman Hias Agar Tumbuh Subur

Anti Gagal, Ternyata Ini 5 Media Tanam Terbaik untuk Tanaman Hias Agar Tumbuh Subur

Anti Gagal, Ternyata Ini 5 Media Tanam Terbaik untuk Tanaman Hias Agar Tumbuh Subur--

RADARUTARA.ID - Tanaman hias menjadi salah satu elemen dekorasi rumah yang banyak dipilih oleh pemilik rumah maupun apartemen.

Selain mempercantik ruangan, tanaman hias juga dapat memberikan suasana yang lebih sejuk dan asri. Agar tanaman hias dapat tumbuh dengan baik, salah satu faktor yang perlu diperhatikan adalah media tanam.

Media tanam merupakan tempat tumbuhnya akar tanaman. Media tanam yang tepat akan menyediakan kebutuhan nutrisi dan air yang dibutuhkan tanaman agar dapat tumbuh dengan baik dan subur.

BACA JUGA:Sudah Terbukti! Ternyata Kebiasaan Merokok Bisa Bikin Wajah Lebih Cepat Tua

Berikut adalah 5 jenis media tanam yang bisa bikin tanaman hias tumbuh subur:

1. Tanah

Tanah merupakan media tanam yang paling ideal untuk tanaman hias. Tanah mampu menyediakan unsur hara yang dibutuhkan tanaman, serta memiliki tekstur yang porous sehingga dapat menyimpan air dan udara dengan baik.

Tanah terdiri dari berbagai komponen, yaitu mineral, bahan organik, air, dan udara. Mineral merupakan komponen utama tanah yang menyediakan unsur hara bagi tanaman. Bahan organik berperan penting dalam memperbaiki struktur tanah dan menyediakan nutrisi bagi tanaman. Air berperan dalam melarutkan unsur hara dan membantu akar tanaman menyerap nutrisi. Udara berperan dalam respirasi akar tanaman.

Jenis tanah yang baik untuk tanaman hias adalah tanah yang gembur, subur, dan memiliki pH yang sesuai dengan kebutuhan tanaman. Tanah yang gembur akan memudahkan akar tanaman untuk tumbuh dan berkembang.

Tanah yang subur akan menyediakan nutrisi yang cukup bagi tanaman. pH tanah yang sesuai akan membantu tanaman menyerap nutrisi dengan baik. Jenis tanaman hias yang cocok ditanam di tanah antara lain mawar, melati, krisan, anggrek, dan berbagai jenis tanaman hias lainnya.

BACA JUGA:Bukan Candi Borobudur, Ini Daftar 7 Keajaiban Dunia Terbaru yang Menarik untuk Dikunjungi

2. Akar pakis

Akar pakis merupakan media tanam yang mudah diperoleh dan memiliki harga yang murah. Media tanam ini tidak mampu menyediakan unsur hara secara alami, namun strukturnya yang porous akan dapat menyimpan air dengan baik serta dapat dengan mudah ditembus akar tanaman.

Akar pakis terdiri dari serat-serat yang halus dan saling terjalin. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: