Selain untuk Mengobati Sihir, Daun Bidara Juga Memiliki 5 Manfaat untuk Obati Nyeri Sendi dan Otot

Selain untuk Mengobati Sihir, Daun Bidara Juga Memiliki 5 Manfaat untuk Obati Nyeri Sendi dan Otot

Selain untuk Mengobati Sihir, Daun Bidara Juga Memiliki 5 Manfaat untuk Obati Nyeri Sendi dan Otot--

RADARUTARA.ID- Bidara atau nama lainnya Ziziphus jujuba bukan sembarang tanaman. Selain kerap menjadi sarana pengobatan sihir, di balik daunnya yang hijau mungil, daun bidara juga memiliki segudang manfaat untuk pengobatan herbal.  

Sejak zaman dahulu, daun bidara dipercaya memiliki khasiat luar biasa untuk kesehatan dan spiritual. Terkait hal, ini kita akan menyampaikan beberapa manfaat daun bidara untuk kesehatan yang wajib Anda, ketahui. 

Lebih dari sekadar tanaman hias, bidara menjelma menjadi apotek alami yang mudah dijangkau. Daunnya yang kaya akan kandungan flavonoid, alkaloid, dan saponin menjadikannya senjata ampuh untuk memerangi berbagai penyakit. Mulai dari mengobati infeksi sampai menjaga kesehatan pencernaan, manfaat daun bidara untuk kesehatan memang sangat membantu.

Flavonoid berperan sebagai antioksidan kuat yang membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Alkaloid memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi yang efektif dalam melawan infeksi dan peradangan. Sedangkan saponin membantu meningkatkan penyerapan nutrisi dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

BACA JUGA:UU Desa Resmi Diteken Jokowi, Kades Bakal Dapat Uang Pensiun

Berikut ini adalah beberapa manfaat daun bidara untuk kesehatan yang mungkin belum kamu ketahui, padahal tanamannya sudah ada dipekarangan rumah. 5 Manfaat Daun Bidara untuk Kesehatan:

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan

Tubuh Daun bidara kaya akan antioksidan, yaitu senyawa yang membantu melawan radikal bebas dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Hal ini membuat tubuh lebih kuat dalam melawan infeksi dan penyakit.

2. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kandungan antibakteri dan antimikroba pada daun bidara membantu mengatasi masalah pencernaan seperti diare, disentri, dan sakit perut. Daun bidara juga bisa membantu melancarkan pencernaan dan meningkatkan nafsu makan.

3. Merawat Kesehatan Kulit

Sifat antiinflamasi dan antibakteri pada daun bidara bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kulit seperti jerawat, eksim, dan psoriasis. Daun bidara juga bisa membantu melembabkan kulit dan mencegah penuaan dini.

BACA JUGA:Punya Jalur Gaib, Misteri Hutan Blora Sesatkan Bus Sampai ke Tengah Hutan

4. Menurunkan Kadar Gula Darah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: