Sudah Terbukti! Ternyata Kebiasaan Merokok Bisa Bikin Wajah Lebih Cepat Tua

Sudah Terbukti! Ternyata Kebiasaan Merokok Bisa Bikin Wajah Lebih Cepat Tua

Sudah Terbukti! Ternyata Kebiasaan Merokok Bisa Bikin Wajah Lebih Cepat Tua--

RADARUTARA.ID - Kalau kamu memperhatikan orang-orang yang kebiasaan merokok di masa mudanya, biasanya mereka akan lebih cepat mengalami penuaan dini yang busa dilihat dari kulit mereka yang kering dan keriput.

Kerusakan kulit akibat dari merokok jangka panjang, biasanya akan mengakibatkan kulit wajah terlihat berwarna keabu-abuan dan muncul garis-garis halus di area sekitar mata dan mulut. Apa hubungan merokok dengan penuaan dini? Mengapa kebiasaan merokok bisa sebabkan penuaan?

Ada banyak sekali efek berbahaya yang disebabkan oleh merokok dan sulit untuk dihindari. Kebanyakan orang mungkin cuma sekedar tahu kalau merokok bisa menyebabkan komplikasi serangan jantung, kanker paru, hipertensi, hingga gangguan kesuburan. Tetapi ternyata, menurut penelitian, kebiasaan merokok bisa sebabkan penuaan dini.

BACA JUGA:5 Keajaiban Melakukan Sholat Hajat Sebelum Tidur, Bikin Segala Doa dan Harapan Cepat Terkabul

Hal ini sudah diteliti, yang mana para peneliti menguji pasangan kembar yang merokok dan tidak. Sebagai hasilnya, mereka yang terbiasa merokok, sebesar 57 persen tampak wajahnya menjadi keriput. Sehingga membuat orang terlihat lebih tua lantaran memiliki wajah yang jauh lebih kusam dan tak segar.

Bermavam indikator penuaan terlihat pda bagian kelopak mata atas kendur, kelopak mata bawah membentuk kantung, kerutan wajah terlihat lebih jelas, munculnya garis halus antara hidung dan mulut, kerutan pada bibir atas dan bawah, serta dagu yang kendur.

Menurut University of Alabama di Birmingham Medicine, merokok bisa sebabkan penuaan kulit yang diawali dengan munculnya kerutan karena adanya nikotin pada rokok adalah vasokonstriktor, yakni suatu zat yang bisa menurunkan aliran darah ke organ tubuh, contohnya kulit.

BACA JUGA:Bukan Candi Borobudur, Ini Daftar 7 Keajaiban Dunia Terbaru yang Menarik untuk Dikunjungi

Penurunan aliran darah ini akan menghilangkan oksigen dan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh kulit, terutama vitamin A yang diperlukan sebagai regenerasi sel kulit.

Keriput yang berlebihan akan terjadi di sekitar mulut serta lipatan antara hidung dan mulut. Hal ini yang akan membuat jaringan dasar kulit jadi menghilang kekuatannya sehingga wajah akan lebih kendur dan berkeriput lebih dalam lagi.

Kalau kamu wanita dan merokok, maka efek keriput ini akan mengganggu dan mempengaruhi penampilanmu nantinya.

Bahkan, efek dari merokok bukan cuma bisa dilihat dari kulit perokok saja, namun efeknya akan lebih buruk pada gigimu. Karena kebiasaan merokok sudah terbukti sebagai penyebab tingginya risiko penyakit periodontal atau biasa disebut dengan jaringan penyangga gigi serta tanggalnya gigi.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: