Apakah Laron Bisa Dijadikan Peyek dan Aman Dikonsumsi? Ini Kata Ahli Gizi

Apakah Laron Bisa Dijadikan Peyek dan Aman Dikonsumsi? Ini Kata Ahli Gizi

Apakah Laron Bisa Dijadikan Peyek dan Aman Dikonsumsi? Ini Kata Ahli Gizi--

RADARUTARA.ID- Sejumlah video di unggah dengan narasi laron bisa dijadikan peyek dan dikonsumsi. Spontan unggahan video oleh akun Instagram @wonogi pada 3 Desember 2023 itu mendapat ragam reaksi dari warganet. 

Di dalam video itu, tampak seseorang sedang mengumpulkan laron dengan menggunakan nampan dan lampu.

Pengunggah mengatakan, laron-laron tersebut bisa dijadikan peyek.

“Berkah udan.. sesuk gawe peyek laron lur (Berkah hujan.. besok buat peyek laron lur),” tulis keterangan dalam unggahan video yang sudah mendapat 23.579 likes dan ribuan komentar dari warga net ini pada hari Rabu 6 Desember 2023 lalu.

BACA JUGA:Ada 3 Jalur Masuk ke SMA Taruna Nusantara, Diantaranya Bisa Lewat Beasiswa Loh!

Ahli Gizi IPB, Vipta Resti Mauludyani, mengatakan, bahwa laron salah satu hewan yang bisa dikonsumsi. Biasanya laron dikonsumsi menjadi olahan peyek. 

“Sebenarnya (laron) bisa dibuat berbagai macam olahan, tidak hanya peyek,” ungkap Anna seperti dikutip dari Kompas.com, Selasa 5 Desember 2023. 

Selain peyek katanya, laron juga bisa digoreng langsung atau dijadikan oseng, botok dan sate. “Laron bisa menjadi alternatif sumber protein hewani karena memiliki kandungan protein tinggi,” imbuhnya. 

Hal senada juga diungkapkan oleh ahli gizi IPB lainnya, Ali Khomsan. “Laron adalah hewan kaya nutrisi sebagaimana serangga-serangga lainnya,” kata Ali, terpisah.

“Dahulu tahun 1970-an laron digoreng menjadi camilan karena memang kita masih sulit mencari pangan bergizi,” tambahnya. Sehingga menurutnya, konsumsi laron saat ini merupakan wujud pemanfaatan sumber pangan bergizi yang sudah mulai terlupakan. “Lemak 44 persen dan protein 36 persen ini gizi yang luar biasa dari laron,” ungkap Ali.

BACA JUGA:Cek Kepribadian Seseorang dari Cara Tertawa, Ternyata yang Terbahak-bahak sedang Menyimpan Kesedihan

Bisa sebabkan alergi

Kendati demikian, perlu menjadi perhatian jika mengonsumsi laron bisa menyebabkan alergi pada seseorang.

“Alergi terjadi bersifat individual yang sensitif terhadap protein pangan tertentu. Karena bersifat individual, maka tidak berlaku umum,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: