Reward dari Kementrian, Desa Mandiri di Kabupaten Bengkulu Utara Berjumlah 11 Desa

Reward dari Kementrian, Desa Mandiri di Kabupaten Bengkulu Utara Berjumlah 11 Desa

Margono, S.Pd--

RADARUTARA.ID - Dengan bertambahnya 4 desa, Desa Mandiri di Kabupaten Bengkulu Utara, saat ini total terdapat 11 Desa Mandiri.

Hal itu berdasarkan catatan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) RI, berdasarkan penilaian Indeks Desa Membangun (IDM) 2023 jumlah desa dengan status mandiri di Kabupaten Bengkulu Utara meningkat menjadi 11 desa dari sebelumnya 7 di tahun 2022.

Kepala DPMD Bengkulu Utara, Margono mengatakan desa mandiri merupakan reward dari Kementrian Desa atas pengelolaan dana desa yang selama ini sangat baik.

BACA JUGA:Pilihan Transportasi Bengkul-Pulau Enggano, Tinggal Pilih Mau Jalur Udara atau Laut?

Berdasarkan penilaian ditahun 2023 ini, bertambah 4 desa dengan total 11 desa di bengkulu utara dinobatkan sebagai desa Mandiri.

"Sebelumnya ditahun 2022, sebanyak 7 desa dijadikan desa mandiri lantaran mendapatkan penghargaan dalam penyerapan dan penarikan dana desa," jelasnya.

Margono menambahkan, IDM menjadi ruang bagi pemerintah untuk melakukan intervensi dalam proses pembangunan desa. 

BACA JUGA:Komandan Brigadir Infantri 6 Divisi 2 Kostrad Ungkap Kronologis Gugurnya Pratu Anumerta M Fadli

Upaya ini dilakukan dengan melibatkan partisipasi masyarakat sesuai karakteristik wilayah desa, yaitu tipologi dengan modal sosial, modal ekonomi dan modal lingkungan.

"IDM itu dibentuk dari tiga indeks komponen yaitu indeks ketahanan sosial, kesehatan, pendidikan dan permukinan. Indeks selanjutnya yakni ketahanan ekonomi dan ketahanan ekologi desa," paparnya.

Margono juga menyampaikan, pihaknya kedepan terus mendorong desa desa yang ada untuk dapat mengelola dana desa dengan baik, sehingga kedepannya lebih banyak desa di bengkulu utara yang menjadi desa mandiri.

"Pencapaian itu bakal menjadi motivasi bagi desa lainnya, untuk terus digenjot pembangunannya, agar terjadi pengurangan signifikan status desa tertinggal dan menjadi desa mandiri,"tutupnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: