Tingkatkan Skill, 59 Siswa SMKN 11 Bengkulu Utara Berangkat Praktek Kerja Lapangan

Tingkatkan Skill, 59 Siswa SMKN 11 Bengkulu Utara Berangkat Praktek Kerja Lapangan

Gafur/RU.ID- Persiapan siswa SMKN 11 Bengkulu Utara melakukan praktek lapangan--

GIRI MULYA, RADARUTARA.ID - Praktik kerja lapangan, atau biasa disebut dengan PKL, adalah salah satu bentuk kegiatan di mana para siswa ditempatkan langsung di lingkungan kerja. PKL biasa dilakukan oleh murid SMA/SMK, mahasiswa, atau bahkan karyawan baru.

Pelaksanaan kegiatan PKL tidak jauh berbeda dengan kegiatan Prakerin (Praktik Kerja Industri). Tujuan utama dari PKL adalah untuk menambah keilmuan teori selama disekolah. 

Khususnya bagi siswa SMA/SMK dan mahasiswa, PKL diharapkan bisa mengenalkan dunia kerja dan dunia industri kepada mereka berdasarkan teori yang sudah didapat di dalam kelas.

Seperti halnya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 11 Bengkulu Utara, Kecamatan Giri Mulya, hari ini melepas siswanya untuk mengikuti pembelajaran Praktek Kerja Lapangan (PKL).

BACA JUGA:Bupati: Proses Pemekaran Kabupaten Bengkulu Utara Sudah Berjalan, Kita Komit!

Siswa sekolah ini melepas sebanyak 59 siswa untuk mengikuti Praktik Kerja Lapangan (PKL) yang ditempatkan dibeberapa wilayah di Bengkulu Utara dan Kota Bengkulu.

Kepala SMKN 11 Bengkulu Utara, Mahmudin mengatakan, siswa SMKN 11 Bengkulu Utara akan melanjutkan pendidikan PKL selama 6 bulan, diantaranya perusahaan, bengkel dan instansi sesuai dengan jurusannya.

Mahmudin menambahkan, kegiatan ini merupakan agenda rutin sekolah kejuruan dalam mencetak generasi pendidikan yang siap kerja setelah lulus sekolah.

"PKL ini adalah pembelajaran secara nyata ditempat mereka ditempatkan sesuai jurusan, tujuannya tidak lain, agar apa yang dipelajari disekolah diterapkan didunia kerja diluar sekolah,"ucapnya.

BACA JUGA:Jenazah Pratu Anumerta Muhammad Fadli Diperkirakan Tiba di Rumah Duka Besok Malam, Berikut Rundown Detailnya

Mahmudin menjelaskan, jurusan yang diunggulkan oleh sekolah ini adalah Jurusan Teknik Informatika dan Teknik Sepeda Motor.

Dengan adanya PKL selama 6 bulan itu, siswa prakerin yang dilepas oleh kepala sekolah bisa menambah wawasan serta Skil yang akan dimiliki siswa.

"SMK Bisa, mereka pasca lulus sudah bisa siap kerja dan langsung diterima dengan skil yang dimiliki siswa tersebut. Untuk itu, manfaatkan momen ini sebaik mungkin,"jelas Mahmudin.

Dikesempatan itu, ketua Komite sekolah, Rahmat Basuki juga menyampaikan pesan kepada siswa,  selama melakukan PKL ditempat kerja, agar siswa yang dilepas ini dapat menjaga etika dan nama baik sekolah selama prakerin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: