Mitos atau Fakta: Minum Air Dingin Setelah Olahraga Bisa Bikin Gendut?

Mitos atau Fakta: Minum Air Dingin Setelah Olahraga Bisa Bikin Gendut?

Mitos atau Fakta: Minum Air Dingin Setelah Olahraga Bisa Bikin Gendut? --

RADARUTARA.ID -  Mengonsumsi minuman dingin ketika cuaca sedang panas tentu terasa sangat nikmat sekali. Minuman dingin bukan hanya mampu menghilangkan dahaga saja, namun juga membuat kamu segar hanya dalam sekejap.

Tetapi, untuk kamu yang sedang berusaha menurunkan berat badan, minuman dingin merupakan salah satu hal yang kamu jauhi. Namun, apakah benar minum air dingin bisa membuat berat badan menjadi meningkat?

Kalau yang kamu minum adalah air putih dingin tanpa ada tambahan apapun. Anggapan tersebut sepenuhnya salah. Air putih tidak mengandung kalori sedikit pun.

Sehingga walaupun kamu minum berbotol-botol air putih dingin, tidak akan membuat berat badanmu menjadi naik.

Tubuh kamu mempunyai suhu inti yakni sebesar 37 derajat Celcius. Minuman atau makanan yang masuk, mau itu dingin ataupun panas ke dalam tubuh, akan berubah sesuai dengan suhu tubuh.

Bahkan, tubuh kamu akan membakar kalori untuk “memanaskan” air yang tadinya dingin tersebut. Misalnya, untuk merubah suhu 500 ml air dingin, tubuh perlu sebanyak 17 kalori.

Meminum air dingin bisa menggemukkan jika minuman yang diteguk bukanlah air putih, seperti soda, jus buah, teh, dan minuman lain yang mengandung gula.

Memang, beberapa orang kurang menyukai air putih. Apalagi krtika cuaca sedang panas, pasti kamu ingin minum yang dingin dan manis.

Namun hati-hati dengan kandungan kalorinya Satu kaleng minuman bersoda mengandung sekitar 150 kalori. Kemudian satu gelas jus jeruk mengandung sebanyak 40 kalori.

Kalau kamu mengonsumsinya secara bersamaan dalam satu hari, kalori yang masuk serupa dengan kamu makan semangkuk nasi putih.

Jadi, minuman dingin atau hangat tidak akan berpengaruh terhadap berat badanmu, tetapi akan berpengaruh terhadap jenis dan kandungan minuman yang kamu konsumsi. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: