Seluruh APK yang Curi Star Kampanye Ditertibkan, Termasuk Baliho Istri Camat, Bupati dan Gubernur

Seluruh APK yang Curi Star Kampanye Ditertibkan, Termasuk Baliho Istri Camat, Bupati dan Gubernur

Sigit/RU.ID- Penurunan Baliho yang kedapatan curi star di wilayah Kabupaten Bengkulu Utara--

RADARUTARA.ID- Bawaslu Bengkulu Utara melalui Panwascam di masing-masing kecamatan kompak, melaksanakan penertiban serentak kepada seluruh alat peraga kampanye (APK) yang mencuri star kampanye pada Pemilu 2024.

Tak terkecuali APK berupa Baliho milik istri Camat Marga Sakti Sebelat (MSS), Bupati Bengkulu Utara bahkan Gubernur Bengkulu, juga tak luput dari penertiban yang dilaksanakan oleh tim gabungan dari masing-masing Panwascam. 

Langkah penertiban terpaksa dilakukan, sesuai dengan himbauan yang sebelumnya sudah gencar dilaksanakan oleh Bawaslu kepada seluruh peserta maupun Parpol Pemilu 2024. Dimana sejak dilaksanakannya pengumuman Daftar Calon Tetap (DCT) peserta Pemilu 2024, seluruh bentuk APK yang mengarah terhadap kepentingan kampanye harus ditertibkan untuk mengikuti ketentuan tahapan kampanye yang sudah dijadwalkan oleh pihak KPU. 

"Waktu longgar yang diberikan oleh pihak Bawaslu kepada seluruh peserta Pemilu untuk menertibkan APK secara mandiri sudah cukup. Untuk, itu sejak hari ini APK yang masih terpampang dan belum ditertibkan, terpaksa kita tertibkan bersama tim gabungan yang terdiri dari Panwascam beserta PPKD, TNI-Polri dan unsur pemerintah di kecamatan," ungkap Ketua Panwascam Ulok Kupai, Mulyadi.

BACA JUGA:Jalan Penghubung dari Tanjung Sari-Bangun Karya Dibangun Melalui APBD-P 2023

Dipastikan Mulyadi, tidak ada pengecualian dalam langkah penertiban APK ini. Seluruh bentuk APK milik peserta Pemilu 2024 yang masih terlihat di seluruh sudut tempat umum, terpaksa ditertibkan.

"Semua APK kita tertibkan. Tidak ada pengecualian. Selanjutnya APK yang kita turunkan, tetap kita letakkan di areal lokasi APK itu terpasang," imbuhnya.

Hal senada turut dikatakan oleh Ketua Panwascam Marga Sakti Sebelat (MSS), Priska Nandra, tindakan penertiban terhadap APK milik peserta Pemilu di wilayah kerjanya turut dilakukan secara menyeluruh.

"Sebagian besar peserta Pemilu kooperatif untuk menertibkan APK secara mandiri. Tapi di sisi lain, ada juga APK yang belum ditertibkan oleh pemiliknya, terpaksa APK yang belum ditertibkan sampai batas waktu yang sudah ditentukan itu ikut kita tertibkan," ujarnya.

BACA JUGA:Belum Masa Kampanye, APK Para Caleg di Bengkulu Utara Diturunkan dan Ditertibkan

Lebih jauh ditambahkan, Ketua Panwascam Putri Hijau, Irwan Izwari, sebagian APK sudah lebih awal diturunkan secara mandiri oleh pemiliknya, namun ada juga APK yang belum ditertibkan dan terpaksa tim gabungan yang melaksanakan penertiban kepada APK yang masih terpampang.

"Alhamdulillah, tahapan penertiban yang kita lakukan bersama-sama dengan tim gabungan berjalan lancar. Selanjutnya penyisiran terhadap keberadaan APK, ini masih akan terus kita lakukan. Dan apa bila nanti masih ditemukan adanya APK yang luput dari pandangan, kami meminta kepada pemiliknya untuk menertibkan secara mandiri. Tapi kalau tidak ditertibkan, terpaksa kami yang akan menertibkannya," demikian Irwan.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: