Kenapa Ayam Cemani Selalu Dikaitkan dengan Hal Mistis hingga Santet? Ternyata Begini Faktanya

Kenapa Ayam Cemani Selalu Dikaitkan dengan Hal Mistis hingga Santet? Ternyata Begini Faktanya

/Kenapa Ayam Cemani Selalu Dikaitkan dengan Hal Mistis hingga Santet? Ternyata Begini Faktanya--

RADARUTARA.ID- Ayam Cemani tak asing bagi semua orang. Sebagian besar masyarakat Indonesia, mengenali ayam Cemani. Ini, seiring dengan keberadaan ayam Cemani yang selalu identik dikaitkan dengan hal mistis, bahkan disebut-sebut menjadi salah satu media santet

Selain keberadaannya yang dikaitkan dengan hal mistis, ayam Cemani juga memiliki harga jual yang cukup fantastis atau mahal. 

Ayam Cemani, sendiri memiliki warna hitam legam di seluruh tubuhnya. Mulai dari bulu, jengger sampai kaki dan dagingnya. Dan karena warnanya yang hitam legam, itu lah ayam Cemani kerap dikaitkan dengan hal-hal mistis atau gaib. 

Di Indonesia, sendiri ayam Cemani sangat populer untuk melengkapi sajian ritual. Masyarakat percaya, ayam Cemani bisa menghindari mahluk halus. 

Kendati kerap dikaitkan dengan hal mistis, namun ayam Cemani ini sendiri ternyata keberadaanya sangat langka dan harganya yang mahal. Bahkan satu ekor ayam Cemani bisa dihargai Rp 70 juta.

BACA JUGA:Pernah Mendengar Suara Misterius Seperti Benda Jatuh di Atap Rumah? Jangan Anggap Sepele

Nah, berikut ini 5 fakta tentang ayam Cemani

1. Asal-usul Ayam Cemani

Ayam cemani dikenal dengan warna seluruh tubuhnya yang berwarna hitam. Mulai dari bulu, kulit hingga dagingnya semua hitam. Ayam ini berasal dari desa Kedu, Temanggung, Jawa Tengah.

Kata 'Cemani' sendiri berasal dari bahasa Sansekerta yang artinya hitam legam. Menurut ahli sejarah, ayam cemani ini sudah ada sejak masa kerajaan Majapahit.

Dulu pada abad ke-15, ayam cemani pertama kali dimiliki oleh seseorang bernama Ki Ageng Makukuhan. Kala, itu ia mendapat perintah untuk mengobati anak pejabat Lintang Katon.

Ia, pun mengobatinya dengan ayam cemani. Tak disangka, penyakit anak pejabat tersebut sembuh. Dan sejak itulah ayam cemani dipercayai sebagai lambang kesembuhan.

BACA JUGA:Obat Nyeri Sendi Ala dr Zaidul Akbar, Resep Ramuan Herbal Hanya Butuh 4 Bahan

2. Alasan Ayam Cemani Berwarna Hitam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: