Dikenal Angker dan Sakral, Berikut 4 Lokasi Ritual Malam 1 Syuro di Alas Purwo Banyuwangi

Dikenal Angker dan Sakral, Berikut 4 Lokasi Ritual Malam 1 Syuro di Alas Purwo Banyuwangi

Dikenal Angker dan Sakral, Berikut 4 Lokasi Ritual Malam 1 Syuro di Alas Purwo Banyuwangi--

RADARUTARA.ID- Malam 1 Suro atau 1 Muharam menjadi momentum sejumlah warga untuk melaksanakan ritual di sejumlah lokasi. 

Di daerah Banyuwangi, sendiri ritual malam 1 Suro biasanya dilakukan oleh warga di kawasan hutan Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi. Alas Purwo menjadi lokasi ritual karena memiliki nilai sisi spiritual yang kuat. 

Adapun, beberapa titik lokasi di Alas Purwo Banyuwangi yang biasa digunakan warga untuk ritual malam 1 Suro. Berikut lokasinya:

1. Pantai Pancur

Pantai Pancur, biasa sangat ramai dengan aktivitas wisatawan saat hari libur. Namun akan menjadi lebih padat ketika menjelang malam pergantian tahun baru Hijriyah. Pasalnya banyak warga dari  sejumlah daerah mendatangi tempat tersebut untuk menyelenggarakan kegiatan tempat itu. Saat malam 1 Suro, lokasi itu banyak didatangi pengunjung untuk melakukan berbagai ritual.

Di Pantai Pancur, biasanya digelar ruwatan dengan menggelar wayang kulit semalam suntuk oleh kelompok aliran spiritual tertentu.

BACA JUGA:Perhatikan Hal Ini Agar Ban Mobil Tidak Meledak Ketika Dikendarai

2. Goa Istana

Goa istana lokasinya berada di sebelah timur Pantai Pancur sekitar 1 kilometer dengan jalan setapak.  Goa tersebut menjadi tempat sakral bagi penganut spiritual.

Banyak orang dari aliran, perguruan, maupun pelaku ilmu kejawen bisa datang di tempat itu untuk melakukan ritual. Goa Istana menjadi tempat yang cocok untuk melakukan  semedi maupun ritual tapa bramata.

Tiap tahunya, Goa Istana juga tidak pernah sepi pengunjung untuk sekedar berekreasi maupun ritual tertentu. Konon Goa Istana itu juga menjadi jujugan  para pemimpin negeri dari dulu hingga sekarang. Di antaranya Presiden Soekarno, Presiden Soeharto, dan sejumlah pejabat lainya sempat singga di tempat itu

Selain Goa Istana terdapat beberapa goa lain yang biasa digunaka warga untuk ritual. Di antaranya goa putri dan goa Mayangkoro.

BACA JUGA:6 Sumber Makanan yang Mengandung Vitamin K, Penting bagi Kesehatan Tubuh

3. Makam Mbah Dowo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: