Perhatikan Hal Ini Agar Ban Mobil Tidak Meledak Ketika Dikendarai

Perhatikan Hal Ini Agar Ban Mobil Tidak Meledak Ketika Dikendarai

Perhatikan Hal Ini Agar Ban Mobil Tidak Meledak Ketika Dikendarai --

RADARUTARA.ID- Para Pengendara sering sekali mengira bahwa kejadian pecah ban kendaraan di jalan disebabkan tekanan udara berlebihan. Akan tetapi sebenarnya ban pecah saat berkendara justru sebaliknya, karena tekanan kurang alias kempis.

Yang perlu diketahui bahwa Ban kendaraan sebetulnya bisa diisi sampai berlebihan jauh di atas rekomendasi produsen dan tak akan meletus. Ban kelebihan tekanan udara juga masih bisa dipakai tetapi bakal sangat mengganggu berkendara karena bikin suspensi jadi keras dan sulit bermanuver.

Masalah pecah ban datang ketika tekanan udara kurang. Saat ban kempis maka bibir pelek akan menekan bagian dinding ban yang terlipat karena tertekan bobot kendaraan.

BACA JUGA:Bikin Geleng Kepala! Bos Jhonlin Grup 'Haji Islam' Borong 2.000 Ekskavator Merek Ini

Bila ban dalam kondisi ini terus dipaksa berputar maka bisa menimbulkan panas karena gesekan. Serat nilon di dinding ban perlahan melemah dan kehilangan kekuatannya.

1. Cek tekanan udara

Pemilik kendaraan harus rutin memeriksa kondisi tekanan udara pada ban sebelum bepergian. Pastikan tekanan udara tidak kurang atau berlebihan serta sesuai standar pengisian angin berikut.

2. Cek benda asing

Selain memeriksa tekanan udara, penting juga memeriksa kondisi fisik ban secara menyeluruh. Ini memungkinkan Anda memastikan tidak ada benda asing yang menancap di ban, yang dapat menyebabkan kerusakan atau kebocoran.

BACA JUGA:Pendaftaran Calon Pimpinan KPK Mulai Dibuka, Berikut Ini Syaratnya

3. Hindari kondisi jalan rusak

Jalan rusak seperti berlubang atau tidak rata bisa merusak ban dan menyebabkan pecahnya ban. Jika tidak memengaruhi keselamatan Anda sebaiknya menghindari jalan rusak.

4. Cek keausan

Terakhir penting juga rutin memeriksa kondisi keausan ban. Perhatikan corak dan permukaan ban untuk memastikan apakah sudah mulai gundul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: