3 Bacaan Doa untuk Muslim yang Meninggal Dunia, Bisa Dibaca Ketika Takziah atau Melayat

3 Bacaan Doa untuk Muslim yang Meninggal Dunia, Bisa Dibaca Ketika Takziah atau Melayat

3 Bacaan Doa Untuk Muslim yang Meninggal Dunia, Bisa Dibaca Ketika Takziah atau Melayat --

RADARUTARA.ID - Takziah atau melayat adalah hal yang dianjurkan dalam agama Islam. Ketima melakukan takziah atau melayat, kita disarankan untuk memberikan doa kebaikan baik untuk jenazah ataupun untuk kerabat yang ditinggalkan oleh jenazah.

Untuk bisa mengamalkannya, berikut ini merupakan bacaan doa takziah atau melayat untuk jenazah laki-laki dan perempuan lengkap dengan doa bagi kerabat yang ditinggalkannya. Simak selengkapnya dibawah ini.

1. Doa Takziah untuk Keluarga yang Ditinggalkan

Inna Lillahi Maa Akhozha, walahu Maa A’thoo Wakullu Syai’in ‘Indahu Bi Ajalain Musamma. Faltashbir Walatahtasib.”

Artinya : “Sesungguhnya bagi Allah, apa yang Dia ambil dan bagi-Nya juga apa yang Dia berikan. Segala sesuatu bagi-Nya ada memiliki masa-masa yang telah ditetapkan, hendaklah kamu bersabar dan mohon pahala (dari Allah).” (HR. Bukhari dan Muslim).

BACA JUGA:Jadi Pembeli iPhone 15 Pertama di Indonesia, Aib Pemuda ini Justru Dibongkar Netizen

2. Doa yang bisa dibaca untuk Jenazah Laki-Laki

Allâhummaghfir lahu warhamhu wa ‘âfihi wa‘fu anhu wa akrim nuzulahu wa wassi’ madkhalahu waghsilhu bilmâ’i wats tsalji wal baradi, wa naqqihi minal khathâyâ kamâ naqaita ats-tsauba al-abyadh minad danasi, wa abdilhu dârankhairan min dârihi wa ahlan khairan min ahlihi wa zaujan khairan min zaujihi wa adkhilhu al-jannata wa a’idzhu min ‘adzâbil qabri wa min adzâbinnâr

Artinya: “Ya Allah, ampunilah dia, rahmatilah dia, bebaskanlah dan maafkanlah dia. Muliakanlah tempatnya, luaskanlah kuburnya, dan mandikanlah ia dengan air, salju, dan es. Bersihkan dia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju yang putih dari kotoran. Berikan ia rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), keluarga yang lebih baik dari keluarganya, pasangan yang lebih baik dari pasangannya. Kemudian masukkanlah ia ke dalam surga dan lindungilah ia dari siksa kubur dan siksa neraka."

BACA JUGA:Benarkah Minum Kopi Bisa Menenangkan Pikiran atau Justru Menimbulkan Kecemasan, Simak Penjelasan Berikut Ini

2. Doa yang bisa dibaca untuk Jenazah Perempuan

Allahumaghfirlaha warkhamha wa'aafihaa wa'fu'anhaa wa akrim nuzulaha wawasi' madkholaha wa aghsilha bilmaai watstalji wal barodi wanaqqihaa minal khothooya kamaa yunaqqotstaubul abyadhu minaddanasi.

Allahumma abdilhaa khiron min daariha wa jaaran khoiron min jaarihaa wazauwjan khoiron min zaujiha wa ahlan khoiron min ahlihaa wa adkhilhaal jannata wa'aidzhaa min 'adzaabil qabri wa min 'adzzbinnaar.

Artinya: Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah dia. Bebaskanlah dan maafkanlah dia. Luaskanlah kuburnya dan mandikanlah ia dengan air, salju dan embun. Sucikan ia dari seluruh kesalahan seperti dibersihkannya kain putih dari kotoran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: