Amalan sebelum Tidur yang Dianjurkan Rasulullah, Segera Lakukan Jika Ingin Nyenyak

Amalan sebelum Tidur yang Dianjurkan Rasulullah, Segera Lakukan Jika Ingin Nyenyak

Amalan sebelum Tidur yang Dianjurkan Rasulullah, Segera Lakukan Jika Ingin Nyenyak--

RADARUTARA.ID - Apakah kamu pernah memikirkan amalan sebelum tidur seperti apa yang dicontohkan oleh Baginda Rasulullah?

Mungkin setelah lelah dengan aktivitas sehari-hari, aktivitas kita sebelum tidur hanyalah scroll media sosial, kemudian makan, mandi, dan langsung tidur.

Tetapi, ada banyak amalan sebelum tidur yang dianjurkan Rasulullah dan bisa di terapkan supaya tidur kita menjadi lebih berkualitas dan mengikuti sunnah Rasulullah. Simak dibawah ini beberapa amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

BACA JUGA:Berenang di Batu Lubang Pantai Koomang Enggano, Airnya Bersih dan Masih Jarang Dikunjungi

1. Berwudhu Sebelum Tidur

Berwudhu merupakan salah satu amalan sunnah yang dicontohkan oleh Rasulullah sebelum tidur. Hal tersebut tercantum jelas dalam sebuah hadits Al Bara bin Azib, Nabi Muhammad SAW pernah bersabda:

"Jika hendak mendatangi tempat tidurmu, berwudhulah seperti wudhu untuk sholat, lalu berbaringlah ke sisi kanan badanmu," (HR. Al-Bukhari no. 247 dan Muslim no. 2710).

2. Membaca Doa Sebelum Tidur

Amalan sebelum tidur yang bisa dilakukan selanjutnya yaitu membaca doa sebelum tidur, adapun doa sebelum tidur 'Bismika allahumma amuutu wa ahya'. Sebab tidur merupakan suatu keadaan di mana seorang manusia antara sadar dan tidak sadar.

BACA JUGA:5 Makhluk Misterius dalam Al Quran yang Masih Menjadi Misteri, Ada Dabbah Hingga Buraq

3. Membersihkan Kasur Sebelum Tidur

Bagi umat muslim yang hendak tidur, disunnahkan untuk mengibas kasur dengan bagian dalam sarungnya sebanyak 3 kali sambil membaca basmalah. Hal ini tercantum dalam hadits Abu Hurairah, Rasulullah SAW pernah bersabda:

"Jika di antara kamu ingin mendatangi tempat tidur, hendaklah untuk mengibas kasurnya dengan bagian dalam sarungnya. Karena ia tidak mengetahui apa yang ada padanya, lalu ucapkan:

Bismika rabbi wadha'tu janbii

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: