Petani Bisa Gunakan 3 Cara ini untuk Kendalikan Serangan Hama Tikus pada Tanaman Kelapa Sawit

Petani Bisa Gunakan 3 Cara ini untuk Kendalikan Serangan Hama Tikus pada Tanaman Kelapa Sawit

Petani Bisa Gunakan 3 Cara ini untuk Kendalikan Serangan Hama Tikus pada Tanaman Kelapa Sawit--

RADARUTARA.ID- Serangan hama terhadap tanaman kelapa sawit, khususnya oleh hewan berukuran besar seperti Tikus kerap membuat petani kelapa sawit mengeluh.

Pasalnya hama Tikus, ini akan menyerang pangkal batang tanama kelapa sawit yang masih muda, khususnya bibit yang baru saja di tanam.

Dan tidak bisa dianggap sepele, serangan hama Tikus pada tanaman kelapa sawit yang tidak terkendali akan menyebabkan tanaman menjadi mati. Hingga akhirnya, para petani harus melakukan penanaman ulang dari awal atau menyulam bibit yang sudah mati dengan bibit baru.

Tentu, kondisi ini akan sangat berdampak langsung terhadap petani, khususnya dalam hal materi. Pasalnya untuk menganti bibit baru, itu petani harus membeli bibit baru lagi. Oleh sebab, itu pengendalian ham Tikus harus dilakukan dengan cara yang tepat guna meminimalisir kerugian para petani.

Ada pun 3 cara pengendalian hama Tikus terhadap tanaman kelapa sawit yang bisa ditempuh oleh petani diantaranya:

1. Memasang pagar seng keliling di sekitar bibit kelapa sawit

Umumnya, hama tikus menyerang bibit kelapa sawit yang masih berusia 6 bulan sampai 1 tahun. Dengan dipasang pagar seng di sekitar bibit kelapa sawit, hal tersebut akan menyulitkan Tikus untuk memakan pangkal batang dari tanama kelapa sawit.  

Nah, untuk tekhnis pemasangan, Anda bisa menggunakan seng bekas yang dipotong menjadi bagian kecil atau sesuai dengan ukuran tinggi sawit. Selanjutnya, seng dipasang 20 Cm dari permukaan tanah supaya tikus tidak bisa menerobos batang sawit.

Diyakini, dengan ketinggian atau kedalaman 20 Cm dari permukaan tanah tersebut. Hama Tikus tidak akan bisa naik dari sisi atas. Dengan demikian, bibit akan aman dari serangan hama Tikus tanah sampai usiannya mencapai 1 tahun.

2. Melepaskan burung Hantu

Dalam konteks, ini burung Hantu diyakini sebagai predator tikus yang sangat cocok untuk digunakan melindungi bibit kelapa sawit.

Hewan yang termasuk nokturnal ini secara otomatis akan berburu pada saat malam hari guna memangsa Tikus yang keluar dari sarangnya untuk memakan batang sawit. 

Sejumlah pihak pun menilai, cara ini cukup efektif. Pasalnya dalam satu hari saja, seekor burung Hantu bisa memangsa sekitar 3-5 ekor Tikus. Apa bila pelepasan burung Hantu dilakukan secara tepat, cepat atau lambat hama Tikus akan bisa teratasi 

3. Menaburkan racun kimia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: