Dapat Kucuran DBH 12,7 M, Kabarnya, Pemkab Bengkulu Utara Akan Perbaiki Jalan Arga Makmur-Kurotidur

Dapat Kucuran DBH 12,7 M, Kabarnya, Pemkab Bengkulu Utara Akan Perbaiki Jalan Arga Makmur-Kurotidur

Gafur/RU.ID- Kondisi jalan rusak di Arga Makmur-Kuro Tidur--

RADARUTARA.ID - Belum lama ini, Kabupaten Bengkulu Utara mendapatkan kucuran Dana Bagi Hasil (DBH) sebesar Rp. 12,7 M yang penggunaannya untuk peningkatan produktifitas sektor perkebunan.

Dana miliaran tersebut, sesuai juknis dari Kementerian Keuangan RI diperuntukkan sebagian besar berupa pembangunan jalan yang mendukung produksi perkebunan, salah satunya infrastruktur jalan Arga Makmur, Senai dan Kurotidur.

"Ini berkat perjuangan kita bersama, Alhamdulillah berhasil dan merupakan berkah untuk pembangunan, termasuk sektor perkebunan Bengkulu Utara terutama sektor perkebunan," ujar Ir H Mian, Bupati Bengkulu Utara.

BACA JUGA:Serupa tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Hak Kepegawaian dan Managemen Kerja PPPK Vs PNS

Mian mengaku, DBH tersebut merupakan DBH Ekspor Crude Palm Oil (CPO) dikarenakan salah satu komoditas masyarakat Bengkulu Utara adalah perkebunan sawit juga terbesar di Provinsi Bengkulu.

"Selama ini pajak perkebunan sawit tersebut pembayarannya langsung ke pemerintah pusat. Dana tersebut nantinya sebagian besar kita pergunakan untuk fisik, yaitu infrastruktur jalan,"demikian Mian.

Untuk diketahui, pembangunan jalan Provinsi melalui Instruksi Presiden (Inpres) RI, Jokowi di Kabupaten Bengkulu Utara belum bisa mencover secara keseluruhan. 

BACA JUGA:Menjejaki Danau Dendam Tak Sudah yang Cantik Namun Menyimpan Misteri, Ini Asal Usul Namanya

Apalagi saat ini kondisi infrastuktur jalan di Kabupaten Bengkulu Utara sebagian besar mengalami rusak parah, diantaranya akses jalan link Arga Makmur, Padang Jaya, Giri Mulya dan Lebong.

Sementara, pembangunan jalan Inpres tersebut tidak menyentuh akses jalan Arga Makmur, Senali dan Kurotidur. Lantaran jalan tersebut milik Kabupaten Bengkulu Utara bukan  kewenangan Provinsi Bengkulu.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: