Kenali Bahaya Sleep Apnea, Ngorok yang Bisa Bikin Mati Mendadak

Kenali Bahaya Sleep Apnea, Ngorok yang Bisa Bikin Mati Mendadak

Kenali Bahaya Sleep Apnea, Ngorok yang Bisa Bikin Mati Mendadak--

RADARUTARA.ID - Salah satu petuah yang seringkali dikatakan oleh setiap orang adalah “Jangan lupa untuk menjaga kesehatan. Sepele, namun kata-kata tersebut tak bisa kita pungkiri bahwa hal tersebut adalah sesuatu yang sangat penting. Salah satunya tentang bahaya ngorok atau mendengkur yang bisa menyebabkan sleep apnea hingga kematian mendadak.

Menjaga kesehatan juga tidak ada ruginya, malah sangat menguntungkan bagi diri sendiri, namun memang hal ini menjadi salah satu yang juga seringkali diabaikan oleh kebanyakan orang. Alasannya ada banyak, ada yang lebih mementingkan pekerjaan, lebih mementingkan kesenangan dan sebagainya. 

Padahal mengabaikan kesehatan bisa membawa menimbulkan penyakit entah itu cepat atau lambat. Awalnya hanya dari penyakit kecil, tapi terus diabaikan dan lambat laun menjadi penyakit yang sulit disembuhkan. 

Cocok dengan pembahasan kita kali ini, siapa yang tak menyangka bahwa ngorok atau mendengkur saat tidur merupakan suatu tanda kecil dari sebuah penyakit yang bisa jadi serius? Anda pasti tidak menyangka bukan? Atau malah anda menganggap kalau ini adalah hal berlebihan? Maka dari itu mari simak bersama tentang bahaya yang mengancam dibalik ngorok yang bisa menyebabkan sleep apnea dan mati mendadak

Ngorok atau mendengkur, yaitu suara berdengung yang keluar saat tidur berlangsung. Suara yang dihasilkan kebanyakan cukup keras sehingga seringkali menganggu orang sekitar (jika tidur bersama orang lain). Suara tersebut muncul dari udara yang melewati jaringan yang menghalangi udara selama tidur itu sebabnya timbul suara. 

Salah satu faktor terjadinya mengorok adalah karena kondisi tubuh yang melemah alias sedang Lelah dan kemudian tertidur lelap. 

Sleep apnea adalah gangguan pernafasan yang terjadi saat tidur. Hal ini akan terjadi ketika saluran udara atas terhalang sebagian atau seluruhnya, yang mengakibatkan nafas berhenti berulang kali selama tidur. 

Sleep apnea erat kaitannya dengan ngorok atau mendengkur. Alasannya karena ngorok merupakan tanda umum dari sleep apnea. 

Gelaja umum Sleep Apnea 

Selain mendengkur, ada beberapa gejala lainnya yang perlu diwaspadai, yaitu :

1. Nafas berhenti 

Nafas berhenti saat sedang tidur, durasinya singkat, hanya beberapa detik namun terjadi berulang ulang. Hal ini tentu saja tidak disadari oleh penderitanya karena dalam keadaan lelap. Tapi hal ini tentu sangat berbayaha, tidak ada udara keluar masuk bisa membahayakan nyawa. 

2. Sakit kepala setelah bangun tidur 

Kurangnya asupan oksigen setelah semalaman nafas tak teratur, menyebabkan rasa sakit kepala yang cukup berkepanjangan bagi pengidap Sleep apnea. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: