Jangan Anggap Sepele, Tekanan Angin Ban Ternyata Bisa Menyebabkan Hal Fatal untuk Kendaraan Kesayanganmu

Jangan Anggap Sepele, Tekanan Angin Ban Ternyata Bisa Menyebabkan Hal Fatal untuk Kendaraan Kesayanganmu

Jangan Anggap Spele, Tekanan Angin Ban Ternyata Bisa Menyebabkan Hal Fatal--

RADARUTARA.ID - Tekanan angin pada ban mobil ternyata adalah suatu hal yang sangat penting, oleh sebeb itu sebelum berkendara sebaiknya kamu harus meperhatikan lebih dulu tekanan angin pada ban mobil.

Karena jika abai bisa saja tekanan angin ban mobil yang kurang ataupun berlebih bisa mengancam keselamatan kamu saat berkendara.

Karena sangat pentingnya tekanan angin pada ban mobil ini, para pengendara memang sudah sewajibnya untuk mengetahui secara detail ukuran tekanan angin agar tidak berlebihan ataupun kekurangan.

BACA JUGA:Jangan Salah Pilih, Ini 3 Rekomendasi Oli Terbaik untuk Motor Matic

Dirangkum dari berbagai sumber, tekanan angin sangat berpengaruh pada keselamatan pengendara, lantas lebih beresiko mana tekanan angin kurang atau berlebih?

Salah satu mekanik mobil di Bengkulu Milnop menuturkan, yang lebih berbahaya adalah jika mengendari mobil dengan tekanan angin yang kurang. Hal ini lebih berisiko karena mobil akan lebih mudah mengalami pecah ban.

"Ban yang kempes akan lebih berisiko mengalami pecah ban dibanding ban kelebihan angin," katanya.

BACA JUGA:Jangan Asal Pinjam 100, Sekecil Apapun Hutang Wajib Dibayar, Ini Doa Pelunas Hutang dari Ustadz Adi Hidayat

Salah satu penyebabnya menurut Milnop adalah, tekanan angin yang kurang bakalan membuat dinding ban akan lebih mendapatkan tekanan dari velg ataupun bodi mobil.

"Ini akan lebih menyebabkan kawat baja pada ban mobil mencuat keluar sehingga membuat ban menjadi pecah, ataupun bocor," ujarnya pula.

Dikatakannya pula, jika tekakanan angin berlebih, resikonya tidak akan sefatal tekanan angin yang kurang, namun salah satu efek negatifnya adalah bantingan mobil yang lebih keras dari biasanya.

"Kalau berlebih tidak akan sefatal itu," tutupnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: