Jangan Asal Pinjam 100, Sekecil Apapun Hutang Wajib Dibayar, Ini Doa Pelunas Hutang dari Ustadz Adi Hidayat

Jangan Asal Pinjam 100, Sekecil Apapun Hutang Wajib Dibayar, Ini Doa Pelunas Hutang dari Ustadz Adi Hidayat

Jangan Asal Ngomong Pinjam 100, Karena Sekecil Apapun Hutang Wajib Dibayar, Ini Doa Pelunas Hutang Dari Ustadz Adi Hidayat.--

RADARUTARA.ID - Dalam Islam, berhutang memang diperbolehkan asalkan  untuk keperluan yang mendesak. Ketika umat Islam terlilit hutang maka wajib untuk segera melunasinya dan tidak menunda karena Allah SWT membenci perbuatan tersebut.

Barangsiapa dengan sengaja menunda pembayaran utang padahal ia sudah mampu, maka Allah SWT akan memberikan kesulitan dalam hidupnya

Ustadz Adi Hidayat mengatakan, Nabi Muhammad SAW termasuk orang yang paling enggan mensholatkan jenazah orang yang masih terlilit hutang. Beliau malah menyuruhsaudaranya atau orang lain saja yang mensholatkannya.

BACA JUGA:Jaga Kualitas Sholatmu, Kata Ustadz Adi Hidayat, Jangan Pernah Membawa Benda Ini Dalam Saku Saat Sholat

Hal ini dibahas dalam hadist berikut.

Dari Salamah bin Al-Akwa’ رَضِي اللَّهُ عَنْهُ berkata:

 أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أُتِيَ بِجَنَازَةٍ لِيُصَلِّيَ عَلَيْهَا، فَقَالَ: «هَلْ عَلَيْهِ مِنْ دَيْنٍ؟» ، قَالُوا: لاَ، فَصَلَّى عَلَيْهِ، ثُمَّ أُتِيَ بِجَنَازَةٍ أُخْرَى، فَقَالَ: «هَلْ عَلَيْهِ مِنْ دَيْنٍ؟» ، قَالُوا: نَعَمْ، قَالَ: «صَلُّوا عَلَى صَاحِبِكُمْ» ، قَالَ: أَبُو قَتَادَةَ عَلَيَّ دَيْنُهُ يَا رَسُولَ اللَّهِ، فَصَلَّى عَلَيْهِ

Bahwa Nabi ﷺ dihadirkan kepada beliau satu orang jenazah agar disalatkan. Maka, beliau bertanya, “Apakah orang ini punya utang?” Mereka berkata, “Tidak.” Maka, beliau pun menshalatkan jenazah tersebut. Kemudian didatangkan lagi jenazah lain kepada beliau, maka beliau bertanya kembali, “Apakah orang ini punya utang?” Mereka menjawab, “Ya.” Maka beliau bersabda, “Shalatilah saudaramu ini.” Abu Qatadah berkata, “Biar nanti aku yang menanggung utangnya.” Maka Beliau ﷺ pun menshalatkan jenazah tersebut. H.R. Al-Bukhari no. 2295.

BACA JUGA:Raih Kematian Husnul Khatimah, Ustadz Adi Hidayat Sarankan Doa Ini Agar Terhindar dari Siksa Kubur

Betapa dahsyatnya bahaya hutang yang tidak segera dilunasi. Sesulit apapun kehidupanmu maka membayar hutang hukumnya tetap wajib. Lalu bagaimana caranya agar bisa terbebas dari lilitan hutang ini?

Dalam kesempatan ini kita akan membahas doa agar bebas dari lilitan hutang seperti yang disampaikan oleh ustadz Adi Hidayat.  Jika doa ini diamalkan dengan rutin, maka atas izin Allah SWT semua hutang akan rontok. 

Namun Ustadz Adi Hidayat mengingatkan, selain rutin berdoa untuk melunasi hutang tersebut, kita juga harus berusa sekuat tenaga agar bisa melunasi hutang-hutang yang melilit. Selain itu juga harus diawali dengan niat yang ikhlas. 

Seperti yang diketahui, hutang adalah ketika kita meminjam uang kepada seseorang atau suatu lembaga dan berjanji akan membayarnya kembali.

BACA JUGA:Kata Ustadz Adi Hidayat, Jika Berangkat Kerja dalam Keadaan Seperti Ini Bisa Membuat Rezeki Jadi Seret

Aturan berhutang sudah diatur oleh Allah sebagaimana tercantum dalam surah Al Baqarah ayat 282.

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا تَدَايَنْتُمْ بِدَيْنٍ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى فَاكْتُبُوْهُۗ وَلْيَكْتُبْ بَّيْنَكُمْ كَاتِبٌۢ بِالْعَدْلِۖ وَلَا يَأْبَ كَاتِبٌ اَنْ يَّكْتُبَ كَمَا

 عَلَّمَهُ اللّٰهُ فَلْيَكْتُبْۚ 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: