Waspada Aritmia, Suatu Gangguan Irama Jantung yang Bisa menyebabkan Kematian Mendadak, Ini Ciri-Cirinya

Waspada Aritmia, Suatu Gangguan Irama Jantung yang Bisa menyebabkan Kematian Mendadak, Ini Ciri-Cirinya

Waspada Aritmia, Suatu Gangguan Irama Jantung Yang Bisa menyebabkan Kematian Mendadak. Ini Ciri-Cirinya.--

RADARUTARA.ID - Aritmia, yang dapat diartikan sebagai gangguan irama jantung yang tidak normal, merupakan salah satu masalah kesehatan yang perlu kita kenali dan waspadai.

Hal ini dikarenakan Aritmia dapat membawa risiko serius seperti serangan jantung, stroke, gagal jantung, bahkan kematian tiba-tiba.

Secara umum, jantung seharusnya berdetak antara 60 hingga 100 kali per menit. Akan tetapi, dalam kondisi tertentu, jantung dapat berdetak lebih cepat, lebih lambat, atau tidak beraturan.

Kondisi ketidaknormalan ini menyebabkan jantung tidak dapat memompa darah sebaik yang seharusnya, mengganggu pasokan darah ke organ tubuh lainnya, dan meningkatkan risiko penyakit serius.

BACA JUGA:Riset Membuktikan Bahwa Jalan Kaki Bisa Menyelamatkan Kamu dari Serangan Jantung! Begini Kata Dokter

Ada 5 jenis aritmia yang umum dijumpai dan harus diwaspadai:

1. Fibrilasi Atrium (AF)

Jenis ini seringkali ditandai oleh detak jantung yang tidak teratur dan lebih cepat dari biasanya. Meskipun bersifat sementara, dalam beberapa kasus, fibrilasi atrium (AF) dapat menjadi kronis dan meningkatkan risiko stroke.

 

2. Takikardia Supraventrikular

Aritmia ini terkait dengan irama jantung yang berdetak sangat cepat, bahkan dalam keadaan istirahat. Jenis ini sangat berbahaya karena bisa menyebabkan kematian mendadak akibat gangguan pada impuls listrik jantung yang mengatur irama.

BACA JUGA:Kata Ustadz Adi Hidayat Meskipun Ngantuk Berat, Tetap Sempatkan Baca Doa Ini, Agar Hidupmu Tak Ada Penyesalan

3. Bradikardia

Sebaliknya, Bradikardia adalah ketika irama jantung berdetak lebih lambat dari 60 detak per menit. Ada beberapa subjenis Bradikardia, seperti Sindrom Sinus Sakit dan Blok Konduksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: