Mengenal Wahyu Hidayat, Sosok Komandan Paspampres Pertama dari TNI AU

Mengenal Wahyu Hidayat, Sosok Komandan Paspampres Pertama dari TNI AU

Mengenal Wahyu Hidayat, Sosok Komandan Paspampres Pertama dari TNI AU--

RADARUTARA.ID - Marsma TNI Wahyu Hidayat Sudjatmiko ditunjuk sebagai Komandan Pasukan Pengamanan Presiden atau Paspampres. Beliau menggantikan Mayjen Tri Budi Utomo yang dipromosikan sebagai Panglima Kodam (Pangdam) VI/Mulawarman.

Penunjukan Wahyu ini mencatat sejarah yang baru. Karena, Danpaspampres telah diisi dengan perwira tinggi dari TNI Angkatan Udara (AU).

Sebelumnya, jabatan pemimpin dari penjaga orang nomor satu di Tanah Air tersebut dipegang oleh perwira dari TNI Angkatan Darat (AD) atau TNI Angkatan Laut.

Wahyu adalah lulusan Akademi Angkatan Udara pada tahun 1993 dari kecabangan Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat). Kopasgat merupakan satuan elite di TNI AU yang sebelumnya diberi nama Korpaskhas.

BACA JUGA:Presiden Jokowi Akan Hapus Kredit Macet Pelaku UMKM, Begini Tanggapan Bos BRI

BACA JUGA:Bukan Hanya Tidak Mempan Dibakar, Ini Mukijizat Lain dari Nabi Ibrahim yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Sebelum dimutasi, karier dari Wahyu di TNI AU disebutkan pernah menjabat sebagai Komandan Batalyon Komando 462/Paskhas pada Tahun 2006.

Lalu, di tahun 2008, Wahyu juga pernah menjabat sebagai Komandan Skadron Udara Karbol Tk.II AAU.

Wahyu ternyata juga bukan orang baru di Paspampres. Dikatakan, dirinya pernah menjadi Komandan Menwalprotneg Paspampres pada tahun 2010 kemudian diangkat menjadi Komandan Grup C Paspampres.

Lanjur, di tahun 2014-2015 Wahyu tercatat pernah menjabat sebagai Asops Korpaskhas. Sesudah itu, Wahyu juga pernah menjadi Komandan Pusdiklat Paskhas di tahun 2015 sampai 2016.

Dan sebelum ditunjuk jadi Danpaspampres, Wahyu adalah Wakil Komandan Paspampres di tahun 2021.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: