Dukung Kemajuan Pramuka di Bengkulu Utara, Pemdes Gunung Payung Siap Fasilitasi Lahan untuk Bumi Perkemahan

Dukung Kemajuan Pramuka di Bengkulu Utara, Pemdes Gunung Payung Siap Fasilitasi Lahan untuk Bumi Perkemahan

Ilustrasi Pramuka--

RADARUTARA.ID- Kepala Desa (Kades) Gunung Payung, Mimbar Situmorang, SIP, mengungkapkan kesiapannya dalam mendukung kemajuan Pramuka di Bengkulu Utara.

Kesiapan dukungan, itu dikatakan Mimbar, sesuai potensi sumber daya alam (SDA) yang dimiliki oleh Pemdes Gunung Payung dari sisi keberadaan lahan yang siap untuk dijadikan sebagai pusat Bumi Perkemahan di Kabupaten Bengkulu Utara.

"Untuk mendukung kemajuan Pramuka di Bengkulu Utara, kita siap memfasilitasi lahan yang nantinya bisa dipergunakan oleh pemerintah kabupaten sebagai untuk Bumi Perkemahan," ungkap Kades.

BACA JUGA:Memalukan, Oknum Wartawan Embat HP dan Laptop di SMPN 25 Padang Jaya

Lahan yang dimaksud desa, ini kata Kades, terpusat di hamparan lahan eks pertambangan batu bara (BB) yang ada di Desa Gunung Payung. Untuk luasan lahan yang akan difasilitasi oleh desa guna mendukung keberadaan Bumi Perkemahan di Bengkulu Utara, ini menurut Kades, akan disesuaikan dengan kebutuhan.

"Kita gunakan lahan eks pertambangan yang ada di desa. Untuk luasannya kita sesuai dengan kebutuhan yang diminta nantinya. Intinya hari, ini kita menawarkan dan membuka diri kepada pemerintah daerah untuk bersama-sama mendukung kemajuan Pramuka di Bengkulu Utara dengan cara menfasilitasi keberadaan lahan yang nantinya bisa dijadikan sebagai pusat Bumi Perkemahan ditingkat kabupaten," pungkasnya.

Di sisi lain, Camat Pinang Raya, M Iran, S.Sos, mengatakan. Pramuka adalah salah satu lembaga pendidikan diluar sekolah yang mempunyai tugas pokok membina generasi muda Indonesia agar menjadi kader pembangunan yang bermoral Pancasila dan ikut membangun masyarakat, bangsa dan negara.

Sebagai salah satu wahana pengembangan bagi para generasi muda Indonesia, maka kata Camat, Pramuka memiliki peran penting dalam mewujudkan generasi yang tangguh, berbudi luhur dengan mengedepankan semangat persatuan dan kesatuan serta cinta tanah air yang lebih ditujukan pada setiap kegiatan yang diajarkan. 

BACA JUGA:DBD Serang Masyarakat di Cipta Mulya, ini Pesan Desa dan Puskesmas untuk Masyarakat

Sehingga Camat, mendukung penuh kesiapan Pemdes Gunung Payung yang berusaha menawarkan diri kepada pemerintah daerah untuk mendukung kemajuan Pramuka dengan bersedia memfasilitasi keberadaan lahan yang nantinya bisa dijadikan sebagai pusat Bumi Perkemahan di Kabupaten Bengkulu Utara.

"Pramuka diharapkan dapat terbentuk manusia yang berkepribadian, memiliki mental dan moral yang baik, tinggi kecerdasannya, terampil, serta menjadi patriot pembangunan dan perekat persatuan bangsa. Sehingga kita dari kecamatan sangat mendukung tawaran atau bersedianya Pemdes Gunung Payung yang siap memfasilitasi lahan di desanya untuk dijadikan pusat Bumi Perkemahan tingkat kabupaten, ini," kata Camat.

Camat menilai, lahan yang dimiliki oleh Pemdes Gunung Payung untuk mendukung Bumi Perkemahan di Kabupaten Bengkulu Utara, ini sangat strategis. Selain didukung oleh ketersediaan lahan yang cukup luas, SDA yang tersedia di areal lahan juga dianggap layak untuk mendukung event-event besar tingkat kabupaten.

"Lokasinya dapat dijangkau dari penjuru desa dan kecamatan. Sumber air melimpah, lahan yang luas dan datar. Ditambah saat ini Pemdes juga tengah serius mengembangkan pemukiman baru untuk masyarakat dan sedang konsen melalukan penghijauan kepada seluruh hamparan eks pertambangan yang ada di wilayahnya. Kami berharap kesiapan yang ditawarkan oleh Pemdes Gunung Payung, ini bisa dipertimbangkan oleh pemerintah daerah," harap Camat.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: