Bermula Ada Kutukan Dewi Ambarsari, Priayi BB, TNI dan Polri Dilarang Masuk Desa Teles Kediri

Bermula Ada Kutukan Dewi Ambarsari, Priayi BB, TNI dan Polri Dilarang Masuk Desa Teles Kediri

Bermula Ada Kutukan Dewi Ambarsari, Priayi BB, TNI dan Polri Dilarang Masuk Desa Teles Kediri--

RADARUTARA.ID - Pasca viral terkait larangan masuk Pejabat, TNI dan Polri ke Dusun Setono, Desa Desa Tales, Kecamatan Ngadiluwih, Kediri ternyata ada kisah mistis yang diterap sejak zaman dahulu.

Konon, larangan itu bermula dari cerita rakyat tentang perempuan yang hatinya tersakiti. Perempuan bernama Dewi Ambarsari itu yang mengeluarkan kutukan kepada semua Priayi BB.

Dilansir dari berbagai sumber, Suwadi (73), salah satu sesepuh di Dusun Setono menceritakan bahwa kepercayaan masyarakat itu bermula dari Dewi Ambarsari yang disakiti hatinya oleh pejabat tinggi pada saat penjajahan Belanda.

Atas dasar itulah, Dewi Ambarsari mengutuk siapapun pejabat pemerintah yang memasuki wilayah Dusun Setono akan mendapat musibah dan celaka. 

BACA JUGA:Peluncuran Amsinews: Konten Agregator untuk Kemajuan Media Anggota AMSI

BACA JUGA:Tradisi Suku Sironi Bolivia, dengan Makan Kutu Bisa Bercocok Tanam Hingga 6 Jam

Melalui kisah tersebut, masyarakat memasang plakat yang bertuliskan Priyayi BB, Aparatur Pemerintah, TNI dan Polri Dilarang Masuk.

Dan kepercayaan ini sudah ada secara turun menurun, bahkan ada yang melanggarnya dan orang tersebut menerima akibat dari kutukan itu.

"Warga percaya kalau ada yang menantang masuk para pejabat itu awalnya tidak sakit tiba-tiba jadi sakit hingga berakhir meninggal. Atau bisa pindah tugas. Ceritanya begitu," kata Suwardi.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: