Ditempel Stiker Keluarga Pra Sejahtera, Puluhan Warga Mundur Dari Daftar Penerima Bantuan Pemerintah

Ditempel Stiker Keluarga Pra Sejahtera, Puluhan Warga Mundur Dari Daftar Penerima Bantuan Pemerintah

Gafur/RU.ID- Proses penempelan stiker penerima bansos di Desa Marga Sakti--

PADANG JAYA, RADARUTARA.ID – Upaya Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara bersama Desa Marga Sakti Kecamatan Padang Jaya menyaring warga miskin di daerahnya patut dicontoh.

Guna mengurangi jumlah keluarga mampu yang mengaku miskin, sebanyak 800an rumah warga ini ditempel stiker bahwa warga tersebut mendapat bantuan dari pemerintah.

Terbukti, puluhan warga Desa Marga Sakti yang mengundurkan diri sebagai penerima bantuan, serta menolak rumahnya hendak ditempeli stiker bertuliskan Keluarga pra sejahtera.

Kepala Desa Marga Sakti, Sumaryono mengungkapkan, ide penempelan stiker di rumah warga berdasarkan surat edaran dari Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara melalui Dinas Sosial. 

BACA JUGA:Camat Ungkap Resiko Pasangan Catin Dibawah Umur yang Tetap Nekat Menikah

Atas edaran itulah, Pemdes menganggarkan untuk pembuatan stiker bagi warga miskin penerima bantuan.

"Alhamdulillah, bertahap warga mulai sadar bahwa bantuan merupakan bagi warga yang kurang mampu. Kemudian warga yang mengundurkan diri itu merupakan penerima bantuan yang tingkat ekonomi sudah mengalami peningkatan," ucapnya.

Menurut Kades, rumah-rumah yang ditempeli stiker ini, sesuai dengan data yang ada di PKH, BPNT serta BLT dari Dana Desa.

Dengan adanya tanda tersebut, masyarakat bisa tahu, siapa-siapa saja tentangganya yang mendapat bantuan dari pemerintah.

"Untuk keluarga penerima bantuan PKH dan BPNT, ada 85 keluarga yang mengundurkan diri. Mereka tergolong sudah mampu, serta penggantinya dalam tahap usulan,"imbuhnya.

BACA JUGA:Pelajar dan Masyarakat di Bukit Indah Kolaborasi Sukseskan Upacara HUT RI ke 78

Kepala Dinas Sosial Bengkulu Utara, Agus Sudrajat yang turut menyaksikan penempelan stiker di Desa Marga Sakti mengatakan, pihaknya mengapresiasi warga yang mundur dari daftar penerima PKH dan bantuan non tunai di Desa MargabSakti. 

"Mereka mengembalikan bantuan yang diperoleh kepada pemerintah. Ini hal yang luar biasa," ucap Agus

Menurutnya, setelah diserahkan ke Pemkab bantuan langsung diberikan kepada beberapa warga lain yang lebih berhak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: