Hilangnya Berkah dan Rahmat, Berikut Ciri-Ciri Rumah yang Tidak Dimasuki Malaikat, Kecuali Malaikat Maut

Hilangnya Berkah dan Rahmat, Berikut Ciri-Ciri Rumah yang Tidak Dimasuki Malaikat, Kecuali Malaikat Maut

Hilangnya Berkah Dan Rahmat. Berikut Ciri-Ciri Rumah Yang Tidak Dimasuki Malaikat, Kecuali Malaikat Maut.--

Artinya, "Malaikat tidak masuk ke dalam rumah yang terdapat anjing di dalamnya," (Muttafaq alaih dari Abu Thalhah Al-Anshari).

Umul mukminin Aisyah radhiyallahu Anhu pernah mengatakan, wawasannya Rasulullah shallallahu alaihi wasallam pernah membuat janji dengan malaikat Jibril. Namun hingga waktu yang ditentukan tiba malaikat jibril tidak kunjung datang, sambil melepaskan tongkat di tangannya Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda "Allah tidak mungkin mengingkari janji-Nya, tetapi mengapa Jibril belum datang?" 

Ketika Rasulullah shallallahu alaihi wasallam menoleh, ternyata beliau menemukan seekor anak anjing di bawah tempat tidur. Namun setelah anjing itu dikeluarkan, maka masuklah malaikat Jibril untuk bertemu dengan nabi Muhammad. Lalu Rasulullah menyebut mengapa engkau datang terlambat. Jibril pun menjawab karena tadi di rumahmu ada seekor anjing, ketahuilah kami tidak akan menyukai rumah yang di dalamnya terdapat anjing, gambar atau patung. (HR Muslim).

BACA JUGA:Doa Meminta Kelapangan Hati dan Dimudahkan dalam Menyelesaikan Masalah

3. Tidak Pernah Dihiasi Bacaan Al-Qur'an

Rumah yang tidak pernah dihiasi dengan bacaan Alquran, merupakan salah satu ciri rumah yang tidak didatangi oleh malaikat. Oleh sebab itu sebagai seorang muslim tentunya, merupakan kewajiban kita untuk membaca Alquran. Karena selain bernilai pahala tentunya banyak keutamaan yang akan kita peroleh darinya. Seperti dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu sirin yang berbunyi:

"Sesungguhnya, rumah yang di dalamnya dibacakan Al Qur'an, maka lapanglah penghuninya, banyak kebaikan, malaikat menghadirinya dan setan-setan meninggalkannya. Sebaliknya, rumah yang tak dibacakan Al Qur'an, maka sempitlah penghuninya, sedikit kebaikannya, malaikat meninggalkannya dan setan-setan mendekatinya." (HR Ibnu Sirin).

Selain dari tiga rumah tersebut, Abu hudzaifah Ibrahim bin Muhammad menerangkan, bahwasanya terdapat ciri-ciri rumah lain yang tidak dimasuki oleh malaikat:

1. Rumah orang-orang yang memutus tali silaturahmi dengan saudaranya.

2. Rumah orang-orang yang penghuninya durhaka terhadap kedua orang tuanya.

3. Rumah yang penghuninya memakan harta anak yatim.

4. Rumah orang-orang yang menghalalkan riba dan memakannya.

BACA JUGA:Sampai Rumah Sakit Lupa Bawa Istri, Bekalnya Tempe Mentah, Ini Tingkah Konyol Suami Saat Istri Mau Lahiran

5. Rumah yang di dalamnya tidak pernah disebutkan asma Allah.

6. Rumah yang penghuninya tidak pernah menyebut sholawat, serta lebih mengutamakan hawa nafsu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: