Hilangnya Berkah dan Rahmat, Berikut Ciri-Ciri Rumah yang Tidak Dimasuki Malaikat, Kecuali Malaikat Maut

Hilangnya Berkah dan Rahmat, Berikut Ciri-Ciri Rumah yang Tidak Dimasuki Malaikat, Kecuali Malaikat Maut

Hilangnya Berkah Dan Rahmat. Berikut Ciri-Ciri Rumah Yang Tidak Dimasuki Malaikat, Kecuali Malaikat Maut.--

RADARUTARA.ID - Rumah merupakan tempat bernaung bagi kita baik dari panasnya matahari, basahnya hujan, dan dinginnya angin malam. Sebagai seorang muslim selain memiliki rumah, tentunya kita berharap agar rumah kita senantiasa mendatangkan keberkahan bagi penghuninya.

Tentunya untuk mendapatkan hal itu semua kita harus senantiasa menjaga kebersihan dan kesucian agar disenangi oleh para malaikat sehingga mudah turunnya rahmat. Rumah yang banyak didatangi oleh malaikat nantinya akan didoakan dan dimohon ampunkan kepada Allah atas segala dosa-dosa penghuninya.

Akan tetapi tidak semua rumah akan mendapatkan kunjungan dari malaikat, ada sebagian rumah yang tidak akan didatangi oleh malaikat, lantas rumah apa sajakah itu Berikut merupakan ciri-cirinya. Menurut buku karya Syekh Islam bin Muhammad asy Syarif yang berjudul berbagai penyimpangan dalam rumah.

BACA JUGA:Sahabat Mbah Moen, KH Husein Ilyas, 51 Kali Naik Haji Berkat Rutin Mengamalkan Surat Al-Insyirah

Dalam buku tersebut dijelaskan ada tiga ciri-ciri rumah yang tidak didatangi oleh malaikat, yaitu sebagai berikut:

1. Rumah yang Terdapat Lukisan dan Patung

Jika rumah kita terdapat lukisan dan patung yang menyerupai makhluk hidup, merupakan salah satu ciri rumah yang tidak akan disambangi oleh malaikat. Akan tetapi masih terdapat perdebatan akan hal ini dari para kalangan ulama. Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Thalhah AR, Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam bersabda:

لَا تَدْخُلُ الْمَلَائِكَةُ بَيْتًا فِيهِ صُورَةٌ وَلَا كَلْبٌ وَلَا جُنُبٌ

Artinya, "Malaikat tidak akan masuk ke rumah yang terdapat anjing dan lukisan."

Adapun menurut Mahmud asy Syafrowi, menerangkan bahwasanya lukisan yang dimaksud, merupakan lukisan dari makhluk hidup yang bernyawa seperti hewan dan manusia. Sedangkan lukisan yang tidak bernyawa seperti pohon dan batu tidak termasuk hal yang dilarang. 

Sedangkan menurut Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-'Asqalani Ra, menerangkan tentang gambar yang terdapat pada lukisan, apabila gambar tersebut utuh dan jelas bentuknya maka itu diharamkan, Namun apabila gambar tersebut tidak utuh dan hanya terpotong-potong pada bagian-bagian tertentu maka itu diperbolehkan.

Menurut penjelasan Imam Nawawi, penyebab terhalangnya malaikat untuk hadir di rumah kita adalah karena membuat dan menyimpan gambar merupakan perbuatan maksiat, perbuatan yang keji, hal tersebut dianggap menandingi ciptaan Allah, serta antara gambar itu ada yang diibadah selain ibadah kepada Allah.Dalam hadis riwayat Bukhari dijelaskan bahwasannya "jika engkau harus menggambar atau membuat patung maka buatlah gambar pohon dan apa-apa yang tidak mempunyai roh".(HR Bukhari).

BACA JUGA:5 Shio yang Rezekinya Paling Gacor di Bulan Agustus, Punya Banyak Uang dan Hutang Lunas

2. Rumah yang Terdapat Anjing

Ciri rumah selanjutnya yaitu rumah yang terdapat anjing di dalamnya, sehingga menimbulkan kemungkinan air liurnya telah menyebar di seluruh bagian rumah. Sebab air liur anjing merupakan salah satu benda yang dapat membuat najis. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh muttafaq alaihi Rasulullah shallallahu alaihi wasallam pernah menjelaskan bahwasanya, rumah yang terdapat anjing di dalamnya akan membuat malaikat tidak masuk ke dalam rumah tersebut.

لا تدخل الملائكة بيتا فيه كلب

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: