Waspada, 100 Ribu Orang Terkena HIV, Didominasi Kelompok Ini Ternyata

Waspada, 100 Ribu Orang Terkena HIV, Didominasi Kelompok Ini Ternyata

Waspada, 100 Ribu Orang Terkena HIV --

RADARUTARA.ID - Ada hal mengejutkan dari data Kementrian Kesehatan (Kemenkes) pada tahun 2023 ini, pasalnya dari laporan tersebut menyebutkan bahwa di Indonesia saat ini ada sekitar 100 ribu orang yang sudah terjangkit virus Human Immunodeficiency Virus (HIV).

Yang lebih mengejutkan lagi, mayoritas yang terjangkit Virus HIV tersebut adalah Ibu-ibu dan anak-anak. Mereka bahkan tidak menyadari bahwa virus tersebut sudah ada di di tubuh.

HIV sendiri adalah salah satu virus yang sangat mudah menular, biasanya virus ini menular melalui, cairan darah, cairan Sperma, Air Susu Ibu (ASI) dan masih banyak yang lainya.

Pada umumnya, Virus HIV adalah virus yang menyerang daya tahan tubuh, setelah terjangkit penderita Virus ini akan lebih mudah untuk terserang penyakit, hingga saat ini belum ditemukan obat untuk mengobati virus HIV ini.

BACA JUGA:Jauhi Pria Pelit yang Lahir Pada Tanggal Ini, Sampe Nikah Ngga Bakal Royal Sama Istri

BACA JUGA:Ini Amalan Doa Para Wali Allah, Karomah Sekaligus Paling Mustajab

Setelah terjangkit penderita diperkirakan hanya memiliki waktu sekitar 5 sampai 10 tahun sebelum virus tersebut menajdi AIDS.

Sementara itu, secara umum untuk mengetahui apakah seseorang tersebut terjangkit virus HIV bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan melakukan pemeriksaan darah, selain itu juga bisa dilakukan dengan tes Antibodi. Tes ini dilakukan dengan mendeteksi Antibodi HIV dalam darah yang diebentuk oleh sistem imunitas tubuh.

Juru Bicara Kemenkes Muhammad Syahril mengungkapkan, pada tahun 2023 ini jumlah ibu rumah tangga (irt) yang terinfeksi virus HIV sudah menembus angka 35% dengan total kasus pertahun yang mencapai 5.100 Kasus.

"Sebanyak 30% itu disebabkan oleh penularan dari suami ke Istri," ungkapnya.

BACA JUGA:9 Mimpi Ini Menjadi Pertanda Kalau Kamu Akan Sukses Besar, Pernah Mengalaminya?

BACA JUGA:Idaman Lelaki, 5 Weton Wanita yang Diramalkan Menjadi Pembuka Pintu Rezeki Suami Setelah Menikah, Kamukah Itu?

Dikatakannya pula, ada beberapa faktor yang menyebabkan tingginya Penukaran HIV yang dialami oleh Ibu Rumah Tangga, seperti pengetahuan mengenai virus ini yang masih sangat awam, serta mereka yang juga memiliki pasangan yang sering melak seks beresiko.

"Jika Ibu rumah tangga sudah terjangkit maka akan berimbas dengan menularkan kepada anak-anaknya, baik itu sejak dalam kandungan, proses melahirkan hingga saat menyusui," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: