6 Larangan Pernikahan Menurut Adat Jawa, Jika Dilanggar Mendatangkan Malapetaka?

6 Larangan Pernikahan Menurut Adat Jawa, Jika Dilanggar Mendatangkan Malapetaka?

6 Larangan Pernikahan Menurut Adat Jawa, Jika Dilnggar Mendatangkan Malapetaka?--

BACA JUGA: Misteri Jawa Kuno, Ternyata Ini Isi Perjanjian Syekh Subakir dan Sabdo Palon

BACA JUGA:9 Pantangan Orang Jawa Ini Wajib Dipatuhi, Nomor 8 Bisa Datangkan Malapetaka

3. Larangan Menikah Lima Langka dari Rumah

Mitos larangan pernikahan menurut adat Jawa yang selanjutnya cukup menarik untuk dibahas, yakni larangan menikahi seseorang yang rumahnya hanya berjarak lima langkah atau berseberangan dari rumah.

Apabila rumah pasanganmu hanya berjarak lima langkah atau bahkan berseberangan, hal ini wajib dipertimbangkan lebih jauh. Karena menurut adat Jawa, apabila pernikahan tetap digelar dan menentang larangan satu ini, konon katanya rumah tangga kalian akan mengalami kekurangan dan tidak bahagia.

 

4. Hitungan Weton Tidak Cocok

Istilah weton mungkin sering didengar belakangan ini, pasalnya dalam adat istiadat Jawa perhitungan weton menjasi salah satu cara untuk menentukan kecocokan terhadap pasangan.

Perhitungan weton dapat kamu lakukan dengan melihat hari, tahun, dan tanggal lahir masing-masing. Apabila cocok maka ini menandakan bahwa rumah tangga kalian ke depannya akan diberikan kelancaran dan kemudahan serta keharmonisan.

Akan tetapi, ada juga hasil yang tidak terlalu baik dan menjadi tanda bahwa wetonmu dan pasangan tidak cocok. Menurut kepercayaan adat istiadat Jawa, apabila weton pasangan tidak cocok maka pernikahan akn mengalami masalah dan kertidakrukunan.

 

5. Pasangan Tinggal di Dekat Rumah Ipar

Mitos selanjutnya yang juga perlu diperhatikan adalah rumah pasangan yang dekat dengan rumah ipar.

Apabila memang rumah pasangan berdekatan dengan rumah ipar, konon katanya salah satu orangtuamu akan meninggal.

Benar atau tidaknya, tapi sekali lagi perlu diingatkan, apabila keluargamu masih menganut adat istiadat Jawa yang kental, maka ada baiknya larangan ini perlu diperhatikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: