Mengenal Tempat Terkutuk di Arab Saudi, Bahkan Nabi Muhammad Ogah Singgah di Sana

Mengenal Tempat Terkutuk di Arab Saudi, Bahkan Nabi Muhammad Ogah Singgah di Sana

Mengenal Tempat Terkutuk di Arab, Bahkan Nabi Muhammad Ogah Singgah untuk Berhenti--

RADARUTARA.ID - Arab Saudi menjadi negara yang dijuluki sebagai Tanah Suci. Di tempat ini banyak menjadi saksi sejarah Islam, khususnya di Mekkah dan Madinah.

Namun, tahukah Anda jika di tanah Arab rupanya memiliki satu daerah terkutuk yang disebut pernah dihindari oleh warga Saudi. Bahkan, wilayah tersebut diriwayatkan pernah dijauhi oleh Nabi Muhammad SAW.

Tempat tersebut adalah Mada'in Saleh. Mada’in Saleh merupakan sebuah situs bebatuan kuno yang terdapat di kawasan Al-Ula, Provinsi Madinah, Hijaz. 

Madain Saleh berasal dari bahasa Arab yang berarti kota Saleh. Merupakan sebuah kota kuno yang letaknya berada di bagian utara Hijaz yang saat ini disebut dengan Arab Saudi.

Berada sekitar 25 kilometer dari kota Al-Ula, Mada'in Saleh dulu dihuni oleh kaum Tsamud (kaum Nabi Saleh) dan Nabatea.

BACA JUGA:Ikuti 8 Cara Ini Jika Kamu Ingin Kaya Dalam Waktu Dekat, Dijamin Anti Gagal

BACA JUGA:Tanda Doa Kamu Dikabulkan Allah SWT, Ini Penjelasan Ustadz Syam, Nomor 2 Sudah Terbukti

Al-Ula sempat menjadi tempat wisata terbaik di Arab Saudi pada tahun 2020.

Namun, dibalik semua itu, kedua situs ini sempat dihindari oleh warga Arab Saudi sendiri. Kedua situs tersebut disebut berhantu oleh masyarakat setempat.

Selain disebut sebagai kota terkutuk, dalam sebuah riwayat bahkan diceritakan bahwa Nabi Muhammad SAW semasa hidupnya selalu enggan untuk singgah ke kota tersebut. Bahkan, ia selalu mempercepat langkahnya ketika melewati kota ini.

Dikisahkan dalam sebuah perjalanan menuju wilayah Tabuk, Nabi Muhammad SAW pernah melewati daerah Mada'in Saleh. Kala itu, puing-puing rumah kaum Tsamud masih banyak tersisa. Rasulullah pun memerintahkan para sahabat agar mempercepat langkahnya dan berusaha menangis.

Ibnu Umar RA menceritakan, ketika Nabi Muhammad SAW melewati daerah Hajar, Beliau bersabda,

"Janganlah kalian memasuki tempat tinggal orang-orang yang dzalim, kecuali sambil menangis. Karena apa yang menimpa mereka bisa menimpa kalian".

BACA JUGA:Kalahkan Empat Kandidat Lainnya, Uang Kertas Rupiah Sabet Penghargaan Terbaik di Dunia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: