Deretan Kampung Janda Terbanyak yang ada di Indonesia

Deretan Kampung Janda Terbanyak yang ada di Indonesia

Deretan Kampung Janda Terbanyak yang ada di Indonesia--

Janda di kampung ini memilih untuk tidak menikah lagi dan bertahan hidup dengan bekerja. Uniknya, untuk menghidupi keluarga para janda bekerja sebagai pembuat oleh-oleh khas untuk wisatawan yang berkunjung ke kampung mereka.

 

3. Kampung Ngeposari

Kampung paling banyak janda di Indonesia selanjutnya yaitu Kampung Ngeposari. Terletak di Gunung Kidul, Yogyakarta. 

Masyarakat yang mendiami kampung Ngeposari berjumlah 93 kelapa keluarga (KK). Sebanyak 26 KK di antaranya adalah janda. 

Sedikitnya, 75 persen penduduk Kampung Ngeposari adalah perempuan. Populasi perempuan di kampung itu juga tinggi lantaran faktor perceraian.

BACA JUGA:Sebut Megawati Janda, Bima Lampung Mulanya Didukung Kini Dihujat Netizen

4. Kampung Padukuhan

Kampung Padukuhan juga merupakan satu dari sederet kampung paling banyak janda di Indonesia. Lokasinya berada diGunung Kidul, Yogyakarta.

Dilansir dari kanal YouTube Jejak Richard, terdapat 26 kepala keluarga (KK) yang berstatus janda dari total 93 KK. Ini berarti hampir sepertiga warga di sana merupakan janda yang hidup tanpa suami. 

Konotasi kampung Janda di sini tidak selalu negatif, mereka terus melanjutkan hidup dengan semangat. Meski berstatus janda, mereka tetap semangat melanjutkan hidup.

 

5. Desa Losari

Desa Losari terletak di perbukitan, letaknya sekitar 30 kilometer timur laut Kota Purbalingga. Permukiman penduduk ini dianggap sebagai salah satu kampung paling banyak janda di Indonesia.

Berbeda dengan kampung janda yang lain, Desa Losari dikenal dengan "janda musiman” karena mereka ditinggal suami untuk sementara waktu. Suami tersebut rata-rata pergi keluar kota untuk merantau dan meninggalkan istri selama tiga bulan untuk berdagang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: