Hari ini Diprediksi Sinar UV Ekstrim, BMKG Ingatkan Masyarakat untuk Gunakan Sunscreen

Hari ini Diprediksi Sinar UV Ekstrim, BMKG Ingatkan Masyarakat untuk Gunakan Sunscreen

BMKG Prediksi Sinar UV Ekstrim Hari ini, Hary Ingatkan Masyarakat untuk Gunakan Sunscreen--

RADARUTARA.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi indeks ultraviolet (UV) sinar matahari di sejumlah wilayah Indonesia akan mencapai kategori 'ekstrem' pada pukul 10.00 hingga 16.00 WIB.

Data pantauan harian BMKG, untuk suhu maksimal saat ini dan esok 14 April 2023 berada di kisaran 33 hingga 35 derajat Celcius.

Koordinator Bidang Diseminasi Informasi Iklim dan Kualitas Udara BMKG Hary Tirto Djatmiko mengatakan pola UV harian dipengaruhi oleh posisi dan waktu pergerakan matahari, serta kondisi tutupan awan di suatu wilayah.

Dengan kondisi demikian, Hary mengingatkan masyarakat untuk melindungi diri dengan perawatan ekstra saat indeks UV masuk kategori ungu atau ‘ekstrim’.

Hary juga meminta masyarakat untuk menghindari paparan sinar matahari langsung dan menggunakan sunscreen atau tabir surya cair pelembab, dengan SPF 30+ dalam kurun waktu antara pukul 10.00 WIB hingga 16.00 WIB.

BACA JUGA:Viral Motor Jadi Arang, Kurir J&T di Bengkulu Dapat Hadiah Motor Baru

Adapun himbauan BMKG untuk kondisi indeks UV di beberapa kategori, sebagai berikut.

1. Skala Hijau

Di skala ini, UV indeks berapa di angka 0-2 dengan kategori risiko bahaya rendah. Adapun BMKG menyarankan masyarakat menggunakan kacamata hitam pada hari yang cerah, juga tetap menggunakan sunscreen dengan SPF 30+ bagi kulit sensitif.

2. Skala Kuning

Skala dengan UV indeks 3-5 memiliki kategori risiko bahaya sedang. BMKG mengingatkan tingkat bahaya tinggi bagi orang yang terpapar matahari tanpa pelindung sunscreen. Tidak hanya itu, disarankan juga untuk menggunakan pelindung lain seperti, topi lebar dan kacamata hitam, serta tetap berada di tempat teduh ketika matahari terik siang hari.

3. Skala Oranye

UV indeks pada skala ini mencapai angka 7, dengan risiko bahaya tinggi bagi orang yang terpapar sinar matahari tanpa pelindung seperti sunscreen. Di skala ini bahkan mengancam kerusakan mata dan juga kulit. BMKG juga mengingatkan untuk mengoleskan sunscreen setiap 2 jam sekali.

BACA JUGA:Kasus Dokter Muda dan Ibu-ibu di RSUD Pirngadi Medan Berakhir Damai, Warganet Kecewa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: